Rasulullah SAW Ungkap 10 Tipe Orang Cikal Bakal Pengikut Dajjal di Akhir Zaman!

Rasulullah SAW Ungkap 10 Tipe Orang Cikal Bakal Pengikut Dajjal di Akhir Zaman!
Ilustrasi simbol Dajjal


banner 500x500

Hajinews – Pada akhir zaman kelak, akan datang sebuah petaka besar yang siap menjerumuskan manusia ke jalan yang salah berbuntut neraka yaitu fitnah Dajjal.

Kehadiran Dajjal ini tentunya pasti akan terjadi dan sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadist pastinya dan sudah menjadi pertanda kiamat sudah datang dan dunia akan segera berakhir.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Kehadiran Dajjal juga menjadi cobaan bagi umat Islam dari Allah SWT untuk mengetahui mana yang benar-benar beriman dan mana yang tidak. Agar umat Islam bisa terhindar dari fitnahnya di antaranya adalah melalui jalur ilmu.

Alasan mengapa muslim harus menuntut ilmu yaitu dengan mengetahui siapa pengikut Dajjal, ahli neraka di akhir zaman. Paling tidak umat Islam bisa menyiapkan kewaspadaan sejak dini untuk tidak menjadi bagian dari pengikutnya.

Dalam buku ‘al-Mausu’ah fi al-Fitan wa al-Malahim wa Asyrati as-Sa’ah (2006:721-727) karangan Dr. Muhammad Ahmad al-Mubayyadh dan berdasarkan nash yang ada, berikut 10 golongan pengikut Dajjal ahli neraka di akhir zaman, diantaranya:

1. Orang-orang Yahudi

Terkait hal ini yakni sejarah Yahudi, Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwa kelak Dajjal ahli neraka akan diikuti oleh tujuh puluh ribu orang Yahudi dari Ashbahan (sekarang masuk wilayah Iran) yang memakai baju tebal berjahit.” (HR. Muslim)

Hadist ini bukan menunjukkan pembatasan jumlah, namun terkait betapa banyaknya pengikut Dajjal ahli neraka kala itu dan tanda-tanda kiamat.

2. Orang yang Suka Mengafirkan Muslim Lain

Menurut riwayat Ibnu Majah, Nabi bersabda:

“ Bahwa akan tumbuh pemuda yang fasih baca Al-Qur’an namun hanya sampai kerongkongan. Setiap kali sekelompok dari mereka muncul, maka pantas dihancurkan. Kemunculannya lebih dari dua puluh kali hingga sampai kedatangan Dajjal ahli neraka.”

Dari hadist tersebut bisa disimpulkan bahwa salah satu pengikut Dajjal ahli neraka adalah Khawarij, sebuah gambaran umum bagi orang-orang yang dungu, tidak mengetahui dengan baik ajaran Islam yang benar, memahami Islam dari lahiriyah saja.

Mudah mengafirkan orang tanpa dasar ilmu dan lain sebagainya yang menggambarkan kepandiran mereka. Orang seperti itu krlak akan menjadi pengikut setia Dajjjal ahli neraka.

3. Pelaku Bid’ah dan Kesesatan

Hudzaifah RA pernah mendengar sabda Nabi bahwa setiap umat ada Majusinya, sementara Majusi umat adalah mereka yang tidak percaya takdir.

Jika berjumpa dengan orang semacam ini, Rasulullah SAW melarang untuk menghadiri jenazahnya dan dilarang membesuk mereka di kala sakit karena mereka adalah pengikut Dajjal ahli neraka. (HR. Abu Dawud)

Hadist ini menggambarkan secara implisit bahwa kelak pengikut Dajjal ahli neraka adalah orang-orang yang suka melakukan bid’ah (baik secara akidah maupun ibadah) dan suka mengerjakan kesesatan.

4. Kaum Wanita yang mengedepankan syahwatnya

Kelak di akhir zaman berdasarkan riwayat Ahmad bahwa kebanyakan yang terpengaruh dengan fitnah Dajjal ahli neraka adalah para wanita.

Menurut Dr. Mubayyadh, banyak di kalangan wanita yang mengikuti Dajjal ahli neraka karena gampang tergoda dengan syahwat dunia dan tidak begitu mengedepankan akalnya sebagaimana laki-laki.

5. Setan dan Sekutunya

Dalam hadist riwayat Amru bin Ash RA disebutkan sabda Rasulullah SAW bahwa di laut ada setan-setan yang dipenjara oleh Nabi Sulaiman yang kelak akan keluar membacakan sesuatu kepada manusia… (HR. Muslim)

Kemungkinan keluarnya setan adalah menjelang atau saat Dajjal ahli neraka muncul. Dalam sebagian riwayat disebutkan bahwa kelak setan-setan akan berjalan di bagian depan Dajjal ahli neraka yang menyerukan fitnahnya di berbagai negeri dan kota yang dimasuki Dajjal ahli neraka.

6. Penyihir dan Sejenisnya

Berdasarkan penelitian Dr. Mubayyadh, di sebagian riwayat ada yang menunjukkan bahwa tukang sihir, dukun dan semacamnya kelak menjadi pengikut Dajjal ahli neraka. Mereka berjalan di depan Dajjal ahli neraka dengan kebohongan dan kedustaan yang dibuat-buat untuk menyebarkan fitnah Dajjal ahli neraka.

7. Orang yang Tidak Sabar

Pengikut Dajjal ahli neraka yang lain adalah mereka yang tahu bahwa Dajjal ahli neraka itu dusta, namun mereka tak kuat bersabar menahan fitnahnya akibatnya mereka pun turut termakan.

Abu Nu’aim meriwayatkan dari Ubaid bin Umar at-taitsi bahwa ketika Dajjal ahli neraka keluar. Salah satu yang mengikutinya adalah orang-orang yang mengetahui bahwa Dajjal ahli neraka adalah kafir. Tapi mereka tetap ikut karena ingin memakan makananannya serta kebutuhan lainnya. Ketika murka Allah turun, maka mereka juga terkena imbasnya.

8. Orang yang Bohong dan Dusta

Allah SWT mengutuk orang yang banyak berbohong:

“Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta.” (QS Adz Dzaariyat:10)

“Siksa yang pedih di neraka disediakan bagi para pendusta. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya, dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.” (QS. Al-Baqarah: 10)

9. Orang yang Suka Mengadu Domba

“Tidak dapat masuk surga seorang yang gemar mengadu domba.” (Muttafaqun alaih)

Allah SWT berfirman:

“Jangan pula engkau mematuhi orang yang suka mencela, berjalan membuat adu domba.” (al-Qalam:11).

10. Kelompok yang Memecah Belah Islam

“Bukan termasuk umatku siapa saja yang menyeru orang pada ashabiyah.” (HR. Abu Dawud)

Dalam hadist yang lain Nabi SAW mengatakan bahwa orang yag mati dalam keadaan ashabiyah (membela kelompoknya bukan Islam), maka dia masuk neraka.

“Yaitu orang-orang yang memecah belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.” (QS. Ar-Rum:32)

Wallahu a’lam bishawab.

Sumber: lingkarmadiun

 

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *