Ramadan, Bulan Menjaga Lisan dan Mencuci Dosa-dosa

Ramadan, Bulan Menjaga Lisan dan Mencuci Dosa-dosa
ilustrasi: ramadan


banner 500x500

HajinewsRamadan disebut Ash-shiyam yang hakikatnya adalah Al-Imsak atau menahan. Bukan hanya menahan diri dari aktivitas makan dan minum, tetapi menahan diri dari apa yang kita ucapkan dengan lisan agar terhindar dari perkataan kotor.

Ramadan adalah bulan iman, bulan beribadah dan bulan penuh ketakwaan. Karena itu sebaiknya manusia tidak mengotori hati dan lisannya. Sudah seharusnya kita menghilangkan sesuatu dari lisan kita yang dapat menghilangkan pahala puasa.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Inilah rahasia keberkahan Ramadan ketika seseorang mampu menahan lisan dan membersihkan hatinya. Ramadan akan mencuci segala dosa-dosa.

Dalam Tafsir Ar-Razi disebutkan, bulan ini dinamai dengan Ramadan dikarenakan membakar dosa-dosa, yaitu membakar dosa-dosa itu dengan amal-amal saleh.

“Setelah Allah mempertemukan kita dengan bulan Ramadan yang penuh berkah ini, maka kesempatan emas bagi kita untuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya,” kata Habib Quraisy Baharun dalam satu tausiyahnya.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

…وَرَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَه ..
رواه الترمذي ورواه البخاري

“Dan celakalah seseorang yang kedatangan bulan Ramadan kemudian berlalu sebelum diampuni disa-dosanya.” (HR. At-Tirmidzi,Al-Bukhari)

Amal Saleh Membakar Dosa-dosa
Setiap amal saleh yang dikerjakan di bulan Ramadan akan membakar dosa-dosa sebagaimana daun yang berguguran. Karena itu, setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak taubat kepada Allah. Tobat kepada Allah Ta’ala merupakan salah satu sebab turunnya rahmat dan ampunan.

Allah Ta’ala berfirman:

وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”. (QS. An-Nur: 31)

Agar dibersihkan dari segala dosa, hendaknya setiap muslim mengisi Ramadan ini dengan amal saleh. Selain bertobat dan menjaga lisan, dianjurkan memperbanyak tilawah Qur’an, sholat malam, bersedekah dan menghidupkan sunnah-sunnah Nabi.

Semoga Allah memberikan kita kemudahan dalam beramal saleh di bulan Ramadan . Aamin.

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *