Hikmah Pagi : 8 Keistimewaan Surat Al Waqiah

Surat Alwaqi'ah


banner 500x500

Hajinews.id – Surat Al Waqiah adalah surat ke-56 di dalam Al-qur’an yang terdiri dari 96 ayat. Isi dari surat ini menceritakan tentang bagaimana terjadinya hari kiamat.

Masyarakat umumnya mengenal surat ini dengan sebutan ayat seribu dinar, karena ada yang beranggapan bahwa jika seseorang mengamalkan dan membaca secara rutin akan membuka pintu rezeki.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Dilansir kanal Youtube Doa Pedia pada Minggu 21 Februari 2021, berikut Keistimewaan surat Al Waqiah.

1. Terhindar dari sikap lalai

Dalam sebuah hadits , Ubay bin Ka’ab berkata bahwa Rasulullah telah bersabda,

“barang siapa yang membaca surt Al Waqiah, maka ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.”

2. Dijauhkan dari kefakiran

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits bahwa, “Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.”

Melalui hadits tersebut, Rasulullah mengajarkan bahwa jika kita tetap konsisten terhadap apa yang kita kerjakan maka akan mengkayakan kita.

Yang perlu dicatat adalah bahwa kekayaan yang didapat merupakan kehendak Allah dan bukan karena hanya kerja keras dalam bekerja. Keseimbangan antara do’a dan ikhtiar menjadi kuncinya.

3. Akan mendapatkan cinta Allah

Dalam sebuah riwayat, Imam Ja’far Ash Shodiq berkata: “Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah dan manusia.

Ia tidak akan melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia. Surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukminin yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.

4. Mampu melihat sifat penghuni surga

Imam jafar Ash Shidiq mengatakan, ”Barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya maka bacalah surat Al Waqiah dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka maka bacalah surat As Sajadah.”

Dengan kata lain dalam surat ini terdapat sifat dari penghuni surga yang bisa kita amalkan agar mendapatkan keridhaan Allah.

5. Akan memiliki wajah seperti cahaya bulan purnama saat berjumpa dengan Allah

Seseorang yang membaca surat Al Waqiah akan mendapati wajahnya yang bercahaya seperti cahaya rembulan.

Hal ini dijelaskan oleh Imam Muhammad Al Baqir dalam perkataannya, ”Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.”

6. Dipermudah Rezeki dan Hajatnya

Imam Jafar berkata, ”Barang siapa membaca surat Al Waqiah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari kebutuhan.

Maka Allah SWT. akan mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barang siapa yang membaca surat Al Waqiah di waktu pagi dan sore hari maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan.

Dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang itu.” (Khazinatul Asrar Kubra Halaman 360)

7. Mengetahui keadaan ahli surga

Hal ini karena di dalam surat ini banyak diceritakan segala hal tentang keadaan di manusia yang berada di surga dengan segala kenikmatannya.

Masruq berkata, “Siapa ingin mengetahui cerita orang tertentu dan orang terdahulu dan orang yang kemudian, cerita ahli surga dan ahli neraka, penduduk dunia dan akhirat, maka bacalah surat Al Waqiah.” (Tasir Jamal).

8. Tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya

Rasulullah SAW bersabda, ”Barang siapa yang membaca surat Al Waqiah setiap malam maka dirinya tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya.”

Mengingat banyaknya keistimewan dan khasiat surat Al Waqiah, maka sepatutnya kita sebagai umat muslim untuk mengamalkan dan membaca surat Al Waqiah.

 

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *