3 Keutamaan Bersedekah Saat Bulan Suci Ramadan, Bisa Bikin Tenang

3 Keutamaan Bersedekah Saat Bulan Suci Ramadan, Bisa Bikin Tenang
3 Keutamaan Bersedekah


banner 500x500

Hajinews – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan kemuliaan. Untuk setiap Muslim yang menjalankan ibadah dan amalan di bulan Ramadan akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlipat ganda.

Salah satu amalan yang dapat dilakukan di Bulan Ramadan adalah bersedekah. Sesuai dengan Hadist dari At-Turmudzi dari Anas yang artinya “Sedekah paling utama adalah sedekah Di Bulan Ramadan .”

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Bersedekah, juga merupakan satu sikap kedermawanan yang sekaligus menjadi sifat yang disukai Allah SWT. “Sesungguhnya Allah SWT itu Maha memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi).

Hal tersebut, bisa kita lihat dari keutamaan bersedekah saat Bulan Ramadan. Diantaranya:

Pertama. Selalu Lapang Dada – Orang yang bersedekah akan mendapatkan kelapangan dada dan hati yang bahagia.

Hal ini diumpamakan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, sebaliknya.” (HR. Bukhari).

Kedua. Bebas Dari Siksa Kubur – Bagi setiap warga muslim yang memberikan sedikit rezekiya kepada orang yang membutuhkan, dan dilakukan pada bulan Ramadan dipercaya bisa menghindarkan dirinya dari siksa kubur.

Hal tersebut tak terlepas dari Sabda Nabi Muhammad SAW yakni “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani). Dengan begitu kalian bisa melakukan amalan ini ketika Bulan Ramadan.

Ketiga. Sebagai penghapus dosa – Bagi orang yang bersedekah, akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang pernah mereka perbuat. Rasulullah SAW bersabda “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Namun, dosa dapat diampuni apabila disertai pula dengan taubat. Allah SWT berfirman “Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” (QS. Al A’raf ayat 99).

Sumber: jabar

 

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar