Hikmah Pagi : 5 Keutamaan Membaca al-Qur’an di Bulan Suci Ramadan



banner 500x500

 

Hajinews.id – Bulan Ramadan merupakan bulan penuh kemuliaan. Salah satu kemuliaan bulan umat Islam dunia itu ialah peristiwa turunnya al-Quran.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Sebagaimana firman Allah Swt dalam surat al-Baqarah ayat 185 yang artinya, “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil).”

Karena itulah, seakan menjadi tradisi tersendiri bahwa pada bulan Ramadan, umat Islam akan berlomba-lomba meng-khatam-kan al-Quran hingga 30 juz.

Tradisi membaca al-Quran hingga khatam itu biasa disebut dengan istilah tadarusan. Biasanya, usai menyelesaikan tarawih, orang-orang akan duduk melingkar dan membaca al-Quran secara bergiliran setiap harinya.

Lalu, apa keutamaan membaca al-Quran selama bulan suci Ramadan? Dikutip dari portal resmi Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI, berikut 5 keutamaan membaca al-Quran.

1. Menjadi manusia terbaik

Keutamaan ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori:

“Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya,” (H.R. Bukhari).

2. Sebagai syafaat di hari kiamat

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi Muhammad Saw bersabda:

“Bacalah Al-Quran, maka sesungguhnya ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafaat bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya),” (H.R. Muslim).

3. Merupakan kenikmatan tak terhingga

Dari Ibnu `Umar ra, dari Nabi bersabda: “Tidak boleh seorang menginginkan apa yang dimiliki orang lain kecuali dalam dua hal; (Pertama) seorang yang diberi oleh Allah kepandaian tentang Al-Quran maka dia mengimplementasikan (melaksanakan)nya sepanjang hari dan malam. Dan seorang yang diberi oleh Allah kekayaan harta maka dia infakkan sepanjang hari dan malam,” (Muttafaqun Alaihi).

4. Menjadi ladang pahala

Rasulullah Saw bersabda, bahwa tiap satu huruf dalam al-Quran setara dengan 10 kali kebaikan. Seperti dalam haditsnya berikut ini:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Quran) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf,” (H.R. At Tirmidzi).

5. Menjadi kenikmatan bagi orang tuanya

Tak hanya mulia bagi pembacanya, al-Quran juga akan memuliakan orang tua dari sang pembaca. Rasulullah Saw bersabda:

“Barangsiapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, Allah akan mengenakan mahkota kepada kedua orangtuanya pada Hari Kiamat kelak. (Dimana) cahayanya lebih terang dari pada cahaya matahari di dunia. Maka kamu tidak akan menduga bahwa ganjaran itu disebabkan dengan amalan yang seperti ini,” (H.R. Abu Daud).

Demikianlah keutamaan membaca al-Quran. Sebagaimana diketahui, segala amalan baik yang dilakukan di bulan Ramadan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

Maka, segala keutamaan membaca al-Quran sebagaimana tercantum dalam daftar di atas, niscaya akan dilipatgandakan di bulan Ramadan.

 

Facebook Comments
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *