Bahaya!Terlalu Banyak Konsumsi Kurma Ternyata Ada Efek Sampingnya, Apa Saja?

Kurma menu buka puasa khas Nabi SAW (dok)
banner 500x500

Hajinews.id – Bulan Ramadan identik dengan mengonsumsi buah kurma. Kurma memang banyak mengandung manfaat dan kaya vitamin, mineral, serat, serta antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi kurma saat bulan Ramadan dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nah, apa anda salah satu yang sukan mengonsumsi kurma?

Kalau kamu salah satu yang menyukai kurma, jangan makan berlebihan, ya! Mengonsumsi kurma secara berlebihan ternyata memiliki dampak negatif. Anda bisa mengalami masalah pencernaan bahkan sampai bisa meningkatkan risiko diabetes.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Dilansir dari Herstory, inilah macam-macam efek samping jika mengonsumsi kurma secara berlebihan. Mau tahu apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

1.Bisa naikkan berat badan

Kurma yang kaya akan serat dan mineral memang penting, tapi jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Nah, kalau kamu konsumsi kurma dengan jumlah yang banyak itu engak baik karena mengandung gula yang cukup banyak. Dampak negatif dari konsumsi kurma berlebihan adalah dapat menaikkan berat badan kamu, Beauty!

2.Ruam kulit

Mengonsumsi kurma yang berlebihan juga dapat menimbulkan ruam di kulitmu. Hal tersebut terjadi karena kurma mengandung sulfit di dalamnya. Beberapa orang mungkin sensitif dengan sulfit dan dapat menyebabkan ruam kulit, kram perut, dan serangan asma setelah memakannya.

3.Picu masalah pencernaan

Kandungan sulfit yang ada di dalam kurma juga dapat memicu masalah pencernaan. Orang-orang yang sensitif dengan sulfit dapat menderita sakit perut, gas, dan diare. Mengonsumsi kurma dalam jumlah banyak enggak baik dan akan menimbulkan lonjakan serat, sehingga timbul masalah perut, seperti kembung dan sembelit.

4.Tingkatkan risiko diabetes

Selain bisa menyebabkan masalah pencernaan, mengonsumsi kurma secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Hal tersebut dapat terjadi karena kurma mengandung pemanis alami yang hampir setara dengan 30 gram gula. Makanya, sebaiknya kamu membatasi konsumsi kurma, seperti 1-3 buah dalam satu hari.

Nah, itulah beberapa dampak negatif yang dapat kamu rasakan apabila mengonsumsi terlalu banyak buah kurma. Mulai sekarang, coba untuk batasi memakan buah kuma, yuk!

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *