Hikmah Malam : Empat Hal yang Bisa Mendatangkan Rezeki

rezeki tersembunyi
Ilustrasi rezeki
banner 500x500

banner 800x800

Hajinews.id – Tentu kita berharap Allah memberikan rezeki kepada kita. Setiap hari atau setiap saat kita berdoa kepada Allah agar memberikan rezeki kepada kita. Hal ini tergambar dari doa-doa yang kita baca setiap hari. benar, kan?

Mengapa kita berharap demikian? Mengapa kita berharap rezeki dari Allah? Mengapa kita berharap kaya? Tentu bukan untuk memperkaya diri tetapi agar kita bisa melakukan berbagai ibadah yang dapat mendatangkan pahala seperti sedekah, haji, umroh, atau membangun masjid.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Agar tergambar betapa besarnya pahala-pahala tersebut, mari kita tengok pahala dan Keutamaan nya sebagaimana dilansir dari gurau.org

Pahala Sedekah

Mari kita lihat seberapa besar pahala sedekah.

Nabi SAW berpesan, “Barangsiapa meringankan kesusahan hidup seorang mukmin di dunia, niscaya Allah akan meringankan salah satu kesusahan hidupnya pada hari kiamat. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan niscaya Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim).

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah : 245)

Keutamaan Haji

“Nabi shallallahu ‘alaihi wassallam ditanya, “Amalan apa yang paling afdhol?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ada yang bertanya lagi, “Kemudian apa lagi?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Ada yang bertanya kembali, “Kemudian apa lagi?” “Haji mabrur”, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari)

Artinya “Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan umroh

“Suatu umroh kepada umroh yang lain adalah kafarrah (menghapuskan dosa) di antara keduanya dan haji yang mabrur (diterima) itu tidak ada balasan baginya selain syurga,” (HR. Bukhari).

Pahala membangun Masjid

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Nah, agar bisa melakukan ibadah tersebut atau ibadah lainnya, tentu harus disokong dengan harta yang mencukupi. Mudah-mudahan Allah memberikan kita rezeki agar memiliki harta yang mencukupi untuk bisa melakukan ibadah di atas.

Imam Ibnu Qayyim rahimullah mengatakan,

“Empat hal yang bisa mendatangkan rezeki antara lain: bangun malam untuk sholat, banyak beristighfar menjelang fajar, membiasakan memberi, dan membiasakan diri berzikir di sore hari.”

Marilah kita biasakan empat hal ini. Semoga Allah berkenan memberikan rezeki yang banyak dan halal kepada kita. Aamiin Allahumma Aamiin

 

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar