Hikmah Siang : 5 Bukti Kesulitan Hidup Akibat Maksiat

akibat maksiat
banner 500x500

banner 800x800

Hajinews.id – Pelaku kemaksiatan tak hanya terancam api neraka, namun juga akan ada balasan langsung.

Saat masih ada di dunia. Terkadang seseorang tak merasakan dampak tersebut, dan menganggap apa yang dialaminya ujian dari Allah.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Sehingga belum sadar dan tetap melakukan kemaksiatan. Padahal jika kita menyadari kesedihan, kehampaan, kelemahan, kemiskinan, dan hal negativ lainnya.

Bisa jadi datang akibat dari kemaksiatan yang dikerjakan.

Dilansir dari Ringtimesbanyuwangi.com dan kanal YouTube Jamaah Nurul Qolbi pada 7 April 2021, berikut bukti kesulitan hidup akibat maksiat:

1. Dijauhkan dari ilmu

Seseorang yang melakukan kemaksiatan pola pikirnya akan semakin sempit dan terasa sulit untuk menyerap ilmu pengetahuan.Allah menjadikan ilmu pengetahuan sebagai cahaya yang terang benderang.Dan perbuatan maksiatlah yang akan memdamkannya. Karena itu, ilmu yang bermanfaat dan maksiat tak bisa berpadu.

Sebagaimana perkataan Imam Malik kepada Imam Syafi’i:

“Sungguh aku melihat bahwasanya Allag Ta’ala telah memberikan cahaya di hatimu. Janganlah kamu memadamkannya dengan kemasiatan.”

2. Terhalang dari rejeki

Kita semua tahu bahwa mendapatkannya rezeki adalah dari ketakwa’annya dengan Allah SWT.Hal ini berlaku sebaliknya, jika seseorang sering melakukan maksiat, maka rezekinya akan terhalang.

Hal ini karena adanya dosa maksiat yang dilakukannya. Imam Ahmad bernah berkata:

“Sungguh seorang hamba akan terhalang dari rezeki karena dosa yang ia kerjakan. Seseorang akan kembali di buka rezekinya jika ia meninggalkan kemaksiatan dan bertaubat dirinya.”

Mungkin kita sudah pernah merasakan sendiri, rezeki terasa sulit datang, sulit mencari pekerjaan, dsb.

Apabila seperti itu cobalah kita ingat perbuatan maksiat apa yang pernah di buat. Lalu segeralah bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Agar pintu rezeki di buka kembali oleh Allah SWT.

3. Dipersulit urusannya

Ketika menghadapi suatu urusan orang yang gemar bermaksiat akan dipersulit jalan keluarnya. Ia akan mempunyai masalah hidup, dan seolah-olah masalah tak kunjung selesai.

Mungkin saat ini kita mengira kesulitan dari dalam diri hanyalah ujian dari Allah SWT. Namun, perlu diketahui ujian dan hukuman sangatlah berbeda. Oleh sebab itu, cermatilah setiap kesulitan dan masalah yang datang.

Apabila kita sering melakukan maksiat, maka itu kemungkinan adalah hukuman dan taubat menjadi jalan utama. Untuk lepas dari segala kesulitan yang menimpa.

4. Hati yang terus gelisah

Kegundahan, dan kegelisahan akan dirasakan oleh pelaku kemaksiatan sebesar apapun kemaksiatan yang didapatnya.

Ia tidak akan merasakan kehidupan yang damai, karena merasa gelisah akibat maksiat akan jauh berbeda.

Dengan rasa gelisah biasa. Umumnya rasa gelisah tersebut akan didampingi dengan rasa takut dan kekhawatiran yang berlebih.

Sehingga orang yang sering malekukan maksiat akan merasa was-was.

5. Kesulitan bermuamalah (bersosialisasi)

Orang yang sering melakukan maksiat umunya tak akan lagi bisa merasakan kebaikan dari seorang teman, kerabat, bahkan pasangan.

Para ulama terdahulu pernah mengatakan dari pengalamannya:

“Sungguh saat aku bermaksiat kepada Allah SWT, aku merasakan dampak buruknya pada tingkah laku istriku dan hewan tungganganku”

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *