Hikmah Pagi : 7 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

banner 500x500

banner 800x800

Hajinews.id – Puasa termasuk rukun Islam yang keempat, maka diwajibkan atas umat muslim untuk melaksanakannnya di bulan Ramadhan atau bulan lainnya.

Keutamaan puasa Ramadhan adalah dimana bulan tersebut sebagai bulan penuh pengharapan dan permohonan maaf atas segala dosa yang telah dilakukan.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Dikutip dari buku Berbagai Permasalahan Wanita dalam Islam karya Aqis Bil Qisthi pada Selasa, 6 April 2021, berikut tujuh keutamaan puasa di bulan Ramadhan.

1.Bau mulut yang keluar dari orang yang berpuasa itu lebih harum disisi Allah dibandingkan bau mulut kasturi.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa itu perisai. Apabila seorang dari kalian berpuasa, hendaklah ia tidak berkata keji dan membodohi diri. Jika ada seseorang memerangi dan mengumpatnya, maka hendaklah ia mengatakan: ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa.’

Demi dzat yang jiwaku berada ditangannya, sesungguhnya bau mulut yang keluar dari orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dibandingkan bau mulut karturi.

Orang yang berpuasa meninggalkan makanan dan minuman untuk diriku (Allah) yang akan memberikan pahala kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat.” (HR. Bukhari)

2.Dibukanya pintu surga dan ditutup pintu neraka serta semua setan dibelenggu.

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Apabila datang bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka serta semua setan dibelenggu.” (HR. Muslim)

Maksudnya, dibukanya pintu surga oleh Allah SWT bagi para hambanya adalah agar senantiasa berbuat taat pada bulan Ramadhan, yang mana kesempatan ini tidak datang pada bulan yang lain.

Seperti sholat tarawih, tadarus Alquran serta amal kebaikan lainnya. Semua itu merupakan fungsi sekaligus pintu untuk dapat memasuki surga Allah.

3.Sedangkan ditutupnya seluruh pintu neraka dan dibelenggunya setan, supaya manusia menghindari berbagai macam kemaksiatan dan hal buruk lainnya sebagai pelanggaran.

4.Puasa adalah amalan yang tidak ada tandingannya

Dari Abu Umamah, ia menceritakan:

“Aku pernah mendatangi Rasulullah SAW seraya berkata: Perintahkanlah kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan aku ke surga.

Beliau menjawab: hendaklah kamu berpuasa karena puasa itu merupakan amalan yang tidak ada tandingannya.

Kemudian aku mendatangi beliau untuk kedua kalinya dan beliau pun berkata dengan nasihat yang sama.” (HR. Ahmad, Nasa’i dan Al hakim)

5.Mendapat pintu surga bernama Ar rayyan

Dari Sahal bin Sa’ad ia berkata bahwa Rasulullah SAW berkata:

“Sesungguhnya surga itu mempunyai pintu yang disebut babu Ar rayyan. Pada hari kiamat nanti pintu tersebut akan bertanya: dimana orang-orang yang berpuasa? Apabila yang terakhir dari mereka telah masuk, maka pintu itu pun akan tertutup.” (HR. Mutafaqun Alaih)

6.Dijauhkan dari api neraka pada wajahnya selama 70 musim

Dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata bahwa Rsulullah SAW telah bersabda:

“Tidaklah seorang hamba berpuasa pada suatu hari di jalan Allah, melainkan dengan hari itu Allah akan menjauhkan dari api neraka, dari wajahnya selama 70 musim.” (HR. Jamaah, kecuali Abu Daud)

7.Berpuasa di bulan Ramadhan disertai dengan memperbanyak amalan maka akan mendapat syafaat

Dari Abdullah bin Amr bin Al’Ash, ia berkata bahwa Rasulullah SAW berkata:

“Berpuasa dan membaca Alquran akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat kelak. Amalan puasanya akan berkata:

Ya Allah aku telah melarangnya dari makan, minum dan hawa nafsu sahwat pada siang hari, sehingga ia telah menetapkan syafaat dan berkata: aku telah melarangnya tidur pada malam hari, sehingga ia menitipkan syafaat kepadaku di dalamnya. Maka keduanya pun memberikan syafaat.” (HR. Ahmad dengan Sanad Sohih)

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *