BBM Naik Diam-diam, Pedagang Mengeluh Tidak Bisa Ikutan Naikan Harga

banner 500x500

banner 800x800

Hajinews – PT Pertamina (Persero) merilis daftar harga bahan bakar minyak (BBM) Umum yang berlaku di seluruh Indonesia mulai 1 April 2021.

Penyesuaian harga BBM saat ini berdasarkan implementasi Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Kenaikan hanya terjadi di wilayah Sumatera, namun di kalangan masyarakat penyesuaian ini mau tidak mau selalu diikuti dengan kenaikan bahan pangan dan lain-lain. Hal ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang berada di wilayah Sumatera, namun merata di seluruh tanah air.

Seorang  pedagang kupat tahu di kawasan Bandung Selatan mengeluh kepada tim Hajinews.id.

“Ramadan masih beberapa hari lagi, tapi tauge sudah beberapa kali naik harganya. Itu juga beberapa bandar memilih tidak menyediakan barangnya, sehingga berapapun harganya terpaksa dibeli, daripada saya tidak jualan.”

Pedagang yang biasa disapa Mang Idho ini berharap kalau ada kenaikan harga, baik disebabkan oleh BBM yang mengalami penyesuaian maupun hal lain, harusnya pemerintah mengumumkan. Hal ini agar dia juga sebagai pedagang kecil bisa ikut menaikkan harga jualannya.

“Kalau situasi seperti ini saya sulit untuk ikut menyesuaikan harga, karena resikonya bisa kehilangan pelanggan. Akhirnya hanya bisa pasrah, walau untung yang didapat berkurang banyak.” Keluhnya.

Begitu juga dengan pedagang sembako yang ditemui tim hajinews.id di Pasar Warunglobak Kab Bandung. Dia merasa berat dengan ketidaklancaran distribusi dari distributor besar. Selain diminta bayar tunai. Ketidaksediaan barang membuatnya kebingungan untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Abdullah Mansuri, mengatakan saat ini sudah terjadi ritme kenaikan harga di beberapa komoditas pangan. Namun kenaikan yang terjadi masih dalam batas normal. (nenden).

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *