Memilukan, Kabupaten Bima Baru Panen Sebagian, Padi Tersapu Arus Banjir

banner 500x500

banner 800x800

Hajinews — Panen raya sudah di depan mata, apa daya banjir melanda Kabupaten Bima, sebagian padi yang tengah dipanen, terbawa arus banjir jauh hingga ke pemukiman warga.

“Ada yang udah dipanen atau dipotong, cuma masih disimpen di sawah kebawa banjir. Hilang nyangkut sampe jauh ke mana-mana,” ungkap Nina, salah seorang warga Bima saat dihubungi Hajinews, Senin (5/4).

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400
Jembatan antara Desa Bolo dan Desa Rade terputus akibat banjir, Kabupaten Bima (dok)

Menurut penuturan Nina, Senin air sudah mulai surut, sebab tidak ada hujan lagi. Meski demikian sebagian wilayah masih tergenang banjir.

Nina sangat prihatin sebab warga Kabupaten Bima banyak yang gagal panen. Sehari setelah banjir, ia melihat padi-padi yang sudah menguning dan siap panen tertidur semua. Sementara yang sudah dipotong, sudah terbawa arus banjir.

“Padahal Bentar lagi panen. Kemaren waktu kita ke sana, liat padi yang udah menguning tidur semua,” kata Nina.

Akses jalan jembatan Woro rusak akibat banjir, Kabupaten Bima (dok)

Kendati menghadapi kenyataan pahit, warga Bima tetap bersyukur, sebab minim korban jiwa. Korban meninggal terbawa arus satu orang laki-laki yang sedang ke sawah di desa Sie, mengingat di Nusa Tenggara Timur (NTT), kepungan banjir lebih parah dan warga masih terisolir.

“Semoga mereka semua diberi ketabahan, segera bangkit lagi,” tutur Nina.

Saat ini korban-korban yang terdampak di Kabupaten Bima mengungsi ke rumah kerabat atau saudaranya. Tidak ada tenda pengungsian.

Selain itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga sudah datang ke Kabupaten Bima dan menyerahkan banyak bantuan pada Senin (5/4), rencananya Risma akan bertolak ke Nusa Tenggara Timur (NTT), hari ini.(ingeu)

Infografis daerah terdampak banjir Kabupaten Bima

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *