Hikmah Pagi : 7 Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Foto: shutterstock
banner 500x500

banner 800x800

Hajinews.id – Puasa Senin dan Kamis menjadi amalan puasa sunah yang dapat ditunaikan umat Islam di luar bulan Ramadan. Sesuai namanya, puasa ini dilangsungkan setiap Senin dan Kamis saja untuk setiap pekannya. Puasa ini juga dikerjakan langsung oleh Nabi Muhammad.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah,”Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut.” (H.R. Ahmad).

Dari riwayat di atas, disimpulkan bahwa Senin dan Kamis merupakan hari istimewa untuk semua hamba Allah SWT.

Bagaimanapun baiknya keutamaan dan hikmah puasa Senin-Kamis, semua itu bergantung pada niat kita untuk menjalankannya.

Ikhlaskan niat untuk beribadah kepada Allah, maka selain akan lebih dekat dengan-Nya. Kita juga akan mampu mendapatkan keutamaan-keutamaan puasa Senin-Kamis, diantaranya;

1. Menghindarkan diri dari dosa Puasa sunah yang satu ini merupakan ajang ajang melatih kesabaran dan menghindarkan diri dari hal-hal yang menimbulkan dosa.

2. Jika dilakukan secara berkala, otomatis diri kita akan lebih mampu menahan emosi. Dengan puasa Senin-Kamis, diri kita menjadi lebih bersih dalam hal emosi dan spiritual.

Karena itu, puasa sunah ini dapat disebut sebagai zakat jiwa. Seperti disebutkan dalam hadis, “Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan, puasa itu separuh dari kesabaran” (H.R. Ibnu Majah).

3. Meningkatkan amalan Jika pada hari-hari biasa kita cenderung malas beribadah dan beraktivitas karena merasa kekenyangan, puasa Senin-Kamis adalah jalan keluar dari kemalasan.

4. Puasa membuat hati kita lebih bersih sehingga produktif dalam meningkatkan amalan. Pasalnya, orang yang berpuasa cenderung ingin berbuat baik lebih banyak dari biasanya.

5. Puasa juga melembutkan hati karena kita jadi memahami nasib dan rasa lapar mereka yang kurang beruntung. Singkatnya, puasa Senin-Kamis mendekatkan kita kepada Allah.

6. Tubuh lebih sehat Seperti disebutkan sebelumnya, puasa membantu tubuh kita untuk menjadi lebih sehat.

7. Berpuasa secara teratur berarti membatasi makan secara berlebihan dan membatasi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Merupakan rahasia umum bahwa makan berlebihan bisa mencetuskan timbulnya penyakit.

Dengan menahan lapar dan haus saat berpuasa, berarti kita menolak segala jenis penyakit yang disebabkan oleh pola makan dan asupan kalori, seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Puasa sunah Senin-Kamis secara teratur juga bermanfaat untuk mengistirahatkan sekaligus membersihkan sistem pencernaan.

Selama puasa, lebih dari 10 jam lambung kita dibiarkan diam tidak bekerja, sehingga dapat beristirahat.

Bandingkan dengan selama tidak berpuasa, kita cenderung terus mengonsumsi sesuatu dan hanya berhenti saat kita tidur.

Itu berarti pencernaan kita tidak beristirahat dengan cukup. Jika saluran cerna diistirahatkan, organ-organ tubuh yang lain mampu bekerja lebih maksimal sehingga kita menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *