Wajib Tahu! 5 Bahaya Tidur Setelah Salat Subuh

banner 500x500

banner 800x800

Hajinews.id – Setelah salat subuh, apa yang biasanya anda lakukan, langsung beraktivitas atau kembali tidur? Perlu diketahui, dalam islam kita tidak dianjurkan untuk tidur kembali setelah salat subuh.

Sebab, banyak amalan pahala yang bisa didapatkan di pagi hari usai salat subuh. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak sedikit juga yang kembali tidur stelah melaksanakan kewajibannya.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Dilansir dari NU Online, terdapat beberapa pendapat terkait hukum tidur setelah salat subuh. Pertama menyatakan bahwa tidur setelah subuh dibolehkan dalam Islam, karena tidak adanya dalil yang secara tegas melarang tidur setelah subuh.

Kedua menyatakan bahwa hukum tidur setelah subuh adalah makruh. Alasannya adalah karena pada saat itu, Allah SWT membagikan rezeki bagi hamba-Nya.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa tidur setelah subuh sangat tidak dianjurkan dalam Islam karena dapat mendatangkan kerugian atau efek yang tidak baik. Tidur setelah subuh dibolehkan apabila ada hal-hal tertentu saja, demi menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini 5 alasan mengapa tidak dianjurkan untuk tidur setelah salat subuh yang perlu anda ketahui:

1. Tidak Memperoleh Berkah

Waktu setelah subuh adalah waktu turunnya berkah dan rezeki. Jika kita tidur di waktu setelah subuh maka kita tidak akan memperoleh berkah. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmidzi.)

2. Menghambat Datangnya Rezeki

Tidur setelah subuh atau pagi hari memang enak untuk dilakukan, tetapi ini bisa menjadi salah satu penyebab rezeki kita terhambat. Di pagi hari menjadi segala awal aktifitas berlangsung, jika kita memutuskan untuk tidur kembali selepas subuh tentu saja kita kurang maksimal dalam menjalankan aktivitasnya

3. Tidak Memperoleh Kebaikan

Waktu pagi seharusnya banyak di isi dengan hal-hal yang positif. Dengan mengisi kegiatan pagi yang positif pikiran kita akan tertata dan rencana-rencana yang akan dilakukan selama satu hari pun akan menjadi lebih jelas dan akan berjalan dengan baik. Selain itu juga akan mendatangkan pahala dan kebaikan bagi diri kita sendiri.

4. Menimbulkan Rasa Malas

Saat usai salat subuh badan akan terasa lebih segar dan bersemangat karena masih banyak energi yang disimpan. Namun, saat tidur kembali setelah subuh kondisinya sudah berbeda lagi, badan terasa berat, letih dan lesu. sehingga membuat rasa malas untuk beraktifitas dan tidak maksimal

5. Tidak Baik untuk Kesehatan

Pagi hari menjadi awal metabolisme tubuh mulai bekerja dan melakukan pemanasan. Namun, saat tidur kembali selepas subuh metabolisme tubuh akan terhambat untuk bekerja yang berakibat pada terganggunya kesehatan tubuh kita. Dengan terganggunya sistem metabolisme tubuh akan berakibat lemas dan tidak bersemangat untuk beraktivitas.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar