Perlu Tahu! 7 Buah dan Sayuran yang Tidak Boleh Dikupas Saat Dimakan, Nutrisinya Bisa Hilang

Si - Merah Sarat Manfaat dan Berharga Murah
banner 500x500

Hajinews.id – Kulit buah dan sayuran umumnya mengandung antioksidan, serat, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dagingnya.

Buah dan sayuran yang tidak dikupas bisa mengandung serat hingga 33 persen lebih banyak daripada buah dan sayuran yang dikupas.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Meski demikian, Alyssa Pike, RD, Manajer Komunikasi Nutrisi di International Food Information Council Foundation, mengatakan bahwa jumlah nutrisi pada kulit buah dan sayuran berbeda-beda.

Dilansir dari Taste of Home, berikut adalah 7 buah dan sayuran yang seharusnya tidak dikupas saat dimakan:

1. Pir, persik, dan plum

Kulit buah pir, persik, dan plum mengandung banyak serat, nutrisi, dan antioksidan yang penting. Sebuah studi menemukan, mengupas kulit buah persih akan menghilangkan sekitar 13 hingga 48 persen antioksidan.

2. Apel

Selanjutnya, apel juga termasuk buah yang sangat tidak disarankan untuk dikupas. Pasalnya, kulit apel mengandung serat tidak larut, vitamin C, vitamin A, dan flavonoid quercetin. Meski kulit apel mengandung banyak nutrisi, pastikan mencucinya terlebih dahulu hingga bersih karena apel termasuk buah dengan tingkat pestisida yang tinggi.

3.Tomat

Kulit tomat memiliki konsentrasi naringenin flavonoid yang tinggi, yakni zat yang mampu mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari penyakit. Sebuah studi menunjukkan bahwa memasak tomat dengan kulitnya akan meningkatkan ketersediaan nutrisi tertentu.

4.Kiwi

Kulit kiwi ternyata bisa dimakan, lho. Kulit kiwi memiliki banyak vitamin C dan tiga kali lebih banyak serat. Untuk mendapatkan manfaat dari kulit kiwi, kiwi harus dipotong sangat tipis agar kulitnya tidak terasa mengganggu saat dikonsumsi.

5.Terong

Jangan kupas terong jika ingin ekstra serat, flavonoid, dan magnesium. Selain itu, kulit terong juga memiliki konsentrasi air yang tinggi. Adapun kulit terong mengandung konsentrasi air hingga 92 persen yang membuatnya baik untuk dikonsumsi.

6.Ubi

Kulit ubi mengandung serat, zat besi, vitamin C, kalium, dan folat yang menjadikannya baik untuk kesehatan., Sebelum memasak ubi, terlebih dahulu gosok kulit ubi hingga bersih untuk menghilangkan tanah dan kotoran yang menempel.

7.Mentimun

Terakhir, mentimun juga termasuk makanan yang tidak boleh dikupas. Pasalnya, kulit mentimun mengandung vitamin K, serat, dan kalium.Meski demikian, sebelum mengonsumsi mentimun dengan kulitnya, cuci bersih mentimun dan gunakan handuk kertas untuk mengeringkannya.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *