Manfaat Menghadiahkan Al-Fatihah untuk Diri Sendiri dan Cara Mengamalkannya

Manfaat Menghadiahkan Al-Fatihah untuk Diri Sendiri dan Cara Mengamalkannya
foto/ilustrasi: surat Al-fatihah

banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400
Hajinews – Secara artiah dasar, Al-Fatihah memiliki artian sebagai “Pembuka” atau “Awalan.” Oleh karenanya, sebelum memulai berdoa atau melakukan ibadah lainnya, banyak umat Islam di dunia yang mengawalinya dengan membaca Surah Al-Fatihah terlebih dahulu.

Namun pernahkah terpikirkan untuk mengirimkan Al-Fatihah tersebut untuk diri sendiri? Tentunya ada yang akan menjawab pernah dan ada pula yang menjawab belum terpikirkan. Ternyata, mengirimkan atau mengamalkan Al-Fatihah untuk diri sendiri ada manfaatnya, lho.

Bacaan Lainnya

Manfaat pertama adalah dengan menghadiahi diri sendiri Surah Al-Fatihah, maka diibaratkan sedang menyirami sebuah tanaman dengan air bersih nan segar. Dengan mengirimkan Al-Fatihah untuk diri sendiri, maka selain akan mendapatkan pahala karena membacanya, juga akan mendapatkan ketenangan.

Bahkan menurut jurnal yang ditulis oleh seklompok cendekia musim dari Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) di Terengganu, Malaysia, dengan mengamalkan Al-Fatihah tersebut maka dapat mengurangi perasaan stres yang sedang membelenggu diri.

Dalam Islam sendiri memang ada doa-doa khusus untuk dapat mengatasi stres, akan tetapi dengan memberikan hadiah berupa bacaan Surah Al-Fatihah tersebut, maka akan menjadi obat yang mujarab bagi kesehatan mental manusia dan dapat mencegah seseorang melakukan atau diperlakukan secara buruk. Seperti yang tertulis di Surah Al-Ankabut: 45.

Dirangkum  dari berbagai sumber, berikut ini cara untuk menghadiahkan Al-Fatihah untuk diri sendiri.

  1. Pertama dengan mengucapkan salam kepada diri sendiri.
  2. Kemudian secara lembut, sebut atau panggil nama sendiri sebanyak 3 kali.
  3. Setelah itu sentuhlah dada kiri di mana bersemanyam jantung dalam tubuh dengan menggunakan tangan kanan sembari berucap “Alhamdulillah.”
  4. Lalu gunakan bahasa yang Anda mengerti dan berucaplah, “Aku menghadiahkan Al-Fatihah untuk diriku, lahir dan batinku sendiri. Yaa Allah, jaga, lindungi dan rawat hamba-Mu ini dari segala kebatilan. Limpahkanlah segala kebajikan dan rahmat yang Kau miliki,” kemudian bacalah Al-Fatihah sebanyak satu kali.

Sebenarnya, hal ini dapat dilakukan setiap kali selesai melaksanakan ibadah salat, akan tetapi lebih disarankan lagi untuk dilakukan saat pagi saat bangun dan usai menyelesaikan salat Subuh.

Semoga dengan memberikan hadiah Al-Fatihah kepada diri sendiri, maka akan mendapatkan ketenangan dan kekuatan dalam melakukan segala aktivitas dalam satu hari itu serta memperoleh lindungan dari Allah SWT

Sumber: portaljember


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.