Hikmah Siang : 3 Amalan yang Dapat Memperpanjang Usia

banner 500x500

banner 800x800

Hajinews.id – Kematian merupakan suatu kepastian yang akan dialami oleh makhluk yang bernyawa. Namun terkait kapan kematian itu akan datang kepada setiap makhluk, hanya Allah SWT yang Maha mengetahui dan Maha menentukan.

Meski kematian adalah ketentuan yang pasti, akan tetapi waktunya bukanlah suatu yang ditentukan kepastiannya. Terdapat banyak riwayat yang menjelaskan bahwa usia manusia bisa diperpanjang atau diperpendek sesuai kehendak Allah SWT. Berikut tiga amalan yang dapat memperpanjang umur, diantaranya:

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

1. Bersedekah

Begitu banyak keajaiban yang bisa didapatkan dari keikhlasan memberi kepada orang lain. Dengan bersedekah Allah SWT tidak hanya membalas dengan menambahkan rezeki lebih kepada hamba-Nya, namun juga umur yang lebih panjang. Hal tersebut dijelaskan Rasulullah SAW dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Amr bin Auf, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya sedekah seorang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah. Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran, dan sifat berbangga diri darinya.” (HR. Thabrani)

2. Silaturahmi

Silaturahmi merupakan hal yang penting dalam Islam, selain membuat hubungan antar sesama manusia menjadi lebih dekat, silaturahmi juga dapat memperpanjang usia seseorang. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umumnya panjang maka hendaknya ia bersilaturahmi.” (HR. Bukhari)

3. Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti kepada orang tua juga menjadi salah satu amalan yang dapat memperpanjang usia seseorang. Amalan tersebut memang terkesan sederhana, namun jika dilakukan akan menghasilkan banyak sekali manfaat didalamnya. Jika berhasil melakukan hal ini maka Allah SWT akan menjanjikan untuk hamba tersebut umur yang panjang. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa berbakti kepada orang tuanya, maka Allah akan menambah umurnya.” (HR. Al-Baihaqi)

Demikianlah informasi mengenai berbagai amalan yang dapat memperpanjang umur atau menunda kematian seseorang, semoga pembahasan ini dapat menjadi wawasan baru bagi kita sehingga menjadikan kita lebih banyak mengumpulkan untuk bekal di akhirat.

 

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *