Info Haji 2021! Begini Skenario Kemenag Jika Haji 2021 Dibuka

Foto: AFP
banner 500x500

banner 800x800

Jakarta, Hajinews.id – Menteri Agama RIYaqut Cholil Qoumas saat ini pemerintah sudah menyiapkan sejumlah skenario bila pemerintah Arab Saudi membuka pelaksanaan haji tahun ini.

“Tetapi tentu skenario ini baru bisa jalan kalau sudah ada keputusan haji dari pemerintah Arab Saudi, dibuka atau tidak. Skenario salah satunya pembatasan ini,” kata Gus Yaqut panggilan akrabnya.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

Ia memprediksi di masa pandemi Covid-19 ibadah haji tidak akan dijalankan secara normal, termasuk saat perjalanan menuju ke Arab Saudi.

“Seperti jaga jarak di pesawat, kemudian kamar yang biasanya diisi delapan orang hanya digunakan empat orang. Sinyal yang kita dapat ada pembatasan jemaah tidak seperti masa normal,” katanya dikutip hajinews dari ANTARA.

Sementara itu, mengenai jemaah lanjut usia, pihaknya juga belum dapat memastikan apakah bisa mengikuti haji atau tidak mengingat sebagian besar jemaah haji asal Indonesia merupakan lansia.

“Kami belum ada kepastian, mudah-mudahan bisa ya, tetapi ya tidak tahu. Itu kan kebijakan pemerintah Arab Saudi. Kita ini kan tamu, kita ikuti aturan pemerintah di sana,” katanya.

Meski demikian pada pelaksanaan haji tahun lalu, pemerintah Arab Saudi hanya membuka untuk jemaah haji dari wilayah setempat dan ada pembatasan kuota serta pelaksanaan haji secara ketat sesuai standar protokol kesehatan.

Sebelumya diberitakan, Kementerian Kesehatan Aab Saudi sedang mempertimbangkan vaksinaasi Covid-19 sebagai syarat utama. Itu tergambar dari sebuah pernyataan Menteri Kesehatan Arab Saudi, Tawfiq Al Rabiah pada Selasa 2 Maret 2021.

Jemaah haji juga harus didampingi dan diawasi ketat petugas kesehatan. Karena itu petugas medis pun harus ditambah jumlahnya.

Daily Mail mengabarkan, otoritas Arab Saudi telah menyetujui suntikan vaksin yang dari Moderna, Pfizer dan AstraZeneca dan mulai memvaksinasi penduduk mereka pada 17 Desember 2020 lalu.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *