Hati-hati! 7 Gejala Otak Anda Menua Lebih Cepat

banner 500x500

banner 800x800

Hajinews.id – Apakah anda menjadi pelupa akhir-akhir ini? Atau Pernahkah Anda merasa lebih sulit untuk menemukan kata-kata? Para ahli menyebutkan jika otak dapat menjadi lebih tua dari usai Anda yang sebenarnya karena beberapa faktor seperti gaya hidup.

Gaya hidup penuh tekananan seperti stress menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan otak menjadi lebih tua dari sebenarnya. Bukan hanya secara fisik, proses penuaan juga ditunjukkan dengan perubahan pola pikir dan daya pikir. Melansir dari thehealthy.com pada 7 Maret 2021, berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan jika otak Anda menjadi lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

1. Kehilangan ingatan jangka pendek

Kehilangan ingatan jangka pendek adalah salah satu tanda otak Anda menua lebih cepat. Lebih dari itu, kehilangan ingatan jangka pendek berarti ada ancaman Alzheimer. Jadi, gejala awal utama penyakit ini adalah kehilangan ingatan jangka pendek. Hal ini dapat mencakup semuanya, mulai dari melupakan peristiwa hingga ketidakmampuan mengingat instruksi. Mengulangi pertanyaan atau melupakan percakapan terakhir juga merupakan salah satu indikator.

2. Kehilangan ingatan jangka panjang

Jika masalah ingatan Anda meluas ke hal-hal yang terjadi bertahun-tahun atau puluhan tahun lalu, bisa jadi Anda berurusan dengan berbagai jenis demensia.

“Untuk orang dengan Alzheimer, memori jangka panjang masih bisa mereka ingat. Namun, Anda yang punya masalah memori jangka panjang bisa jadi awal dari sakit demensia,” ujar Dr. Wasserman dilansir klikdokter

3. Lupa banyak kosakata

Gejala lainnya adalah kesulitan mengingat kosakata dasar, misalnya kosakata untuk barang tertentu bahkan nama orang. Ini bisa menjadi tanda adanya masalah kognitif.

“Hal ini disebabkan oleh kesulitan di bagian otak yang mengontrol bahasa, biasanya di lobus temporal kiri atau parietal. Itu juga bisa menjadi tanda pertama penyakit Alzheimer, gangguan neurodegeneratif lainnya, lesi otak struktural, atau kerusakan terkait stroke,” kata David M. Holtzman, MD, Profesor dan Ketua Departemen Neurologi, Universitas Washington

4. Perubahan mood dan kepribadian

Gampang sedih atau bahkan apatis juga bisa menjadi tanda otak Anda bermasalah. “Menjadi lebih pasif atau mudah depresi pada orang tua dapat menjadi tanda tambahan adanya gangguan kognitif. Ini bisa disebabkan oleh perubahan pada lobus frontal, amygdala, dan struktur lain di otak karena penyakit Alzheimer atau kondisi otak lainnya,” ujar Dr. Holtzman.

5. Terganggunya keseimbangan

Ketika muncul jenis lain demensia, beberapa gejala fisik juga dapat menjadi gejala. Salah satunya adalah kehilangan keseimbangan.

Kondisi ini disebut dengan lewy body dementia, yakni kondisi progresif dimana endapan protein abnormal menumpuk di otak, sering disertai dengan beberapa karakteristik seperti penyakit Parkinson. “Jadi orang-orang mungkin memiliki kekakuan dan tremor di ekstremitas (anggota gerak) atau beberapa halusinasi, terutama halusinasi pendengaran,” Dr. Holtzman menjelaskan.

6. Kehilangan indra penciuman

Selama ini Parkinson adalah penyakit yang sering menyerang indra penciuman. Akan tetapi, Alzheimer kini juga bisa membuat indra penciuman seseorang menjadi lemah.

7. Kesulitan mendengar

Ada banyak penyebab gangguan pendengaran yang berbeda, mulai dari infeksi hingga gendang telinga pecah. Penyakit Alzheimer mungkin salah satu penyebabnya. Plak di otak yang terkait dengan kondisi ini dapat mengganggu kemampuan pusat pendengaran untuk berfungsi.

Agar kesehatan otak Anda terjaga, tetaplah aktif beraktivitas fisik, banyak membaca, dan istirahat yang cukup. Selain itu imbangi dengan asupan makanan seimbang dan rutin berolahraga. Jika Anda masih tergolong muda, tapi mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *