Awas! 6 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali Bisa Beracun



banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id – Memanaskan makanan adalah salah satu cara yang biasanya digunakan untuk memakan kembali makanan yang masih tersisa. Cara ini dianggap praktis dan dapat menghemat uang, akan tetapi kebiasaan ini ternyata berbahaya, bisa menimbulkan keracunan.

Dirangkum dari portaljember, berikut ini daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

1. Santan

Masakan yang mengandung santan apabila dipanaskan kembali akan menyebabkan kandungan lemak di dalamnya akan berubah menjadi lemak jahat. Lemak jahat dapat memicu peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh dan menyebabkan kegemukan.

2. Olahan daging

Daging olahan apabila dipanaskan secara terus menerus akan mengakibatkan lemak yang terkandung di dalamnya akan berubah menjadi lemak jahat. Lemak jahat yang dimaksud adalah kolesterol yang teroksidasi dalam prosesnya. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung koroner.

3. Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung sumber protein tinggi. Dalam telur juga terkandung vitamin A, kalsium, vitamin B6 dan juga B12. Akan tetapi, apabila dipanaskan ulang, sangat tidak dianjurkan. Karena, telur yang dipanaskan untuk kedua kalinya akan menyebabkan racun yang berbahaya untuk kesehatan pencernaan tubuh.

4. Jamur

Jamur, apabila dipanaskan kembali akan menjadi makanan yang sangat berbahaya bagi tubuh. Karena komposisi protein yang terkandung di dalamnya akan menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

5. Daging ayam

Daging ayam menjadi salah satu makanan yang sering dipanskan ulang. Akan tetapi, sebenarnya hal itu sangat diajurkan karena, kandungan komposisi protein di dalamnya akan menghilang dan menyebabkan masalah dalam pencernaan. Salah satu tips yang dapat anda gunakan adalah menggunakan microwave dan juga pastikan agar ayam tersebut dapat sampai panas hingga kebagian tulangnya sebelum dimakan.

6. Nasi

Sama dengan kentang, nasi apabila dibiarkan terlalu lama dan tidak disimpan dengan baik akan menyebabkan munculnya bakteri beracun yang bernama Bacillus cereus. Bakteri tersebut sangat berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi.

Itulahbeberapa daftar makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali, sebaiknya masaklah makanan yang sesuai dengan porsi agar tidak bersisa.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *