Konsul Haji KJRI: Persiapan Haji Terus Dilakukan Oleh Arab Saudi

banner 500x500

banner 800x800

Hajinews – “Kalau persiapan Otoritas Saudi terus berjalan. Persiapan administrasi internal mereka. Kami belum tahu apakah semua persiapan itu nantinya untuk jamaah haji dari luar Saudi,” kata Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (3/3).

Ia juga menyebut, hingga saat ini masih belum mendengar maupun menerima pernyataan resmi dari Kerajaan terkait penerimaan jamaah haji dari luar Arab Saudi. Endang mengakui otoritas mengeluarkan perintah wajib bagi petugas kesehatan yang akan berpartisipasi pada musim haji untuk menerima vaksin Covid-19. Namun, ia tidak mengetahui apakah anjuran tersebut berlaku secara umum atau khusus petugas dari Saudi saja.

Bacaan Lainnya

banner 800x800

banner 400x400

“Untuk petugas kesehatan yang akan berpartisipasi pada musim haji, memang harus di vaksin. Namun apakah untuk petugas kesehatan dari luar belum ada pernyataan resmi,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq Al-Rabiah menegaskan petugas kesehatan yang akan bertugas pada musim haji 2021 wajib mendapatkan vaksin Covid-19. “Anda (petugas kesehatan) harus mempersiapkan sejak dini mengamankan tenaga yang dibutuhkan untuk mengoperasikan fasilitas kesehatan di Makkah dan Madinah, serta pintu masuk jamaah haji untuk musim haji 2021,” katanya dalam surat edaran resmi dilansir di Arab News, Rabu (3/3).

Ia lantas menyebut panitia vaksinasi harus dibentuk untuk musim haji dan umrah, di mana mereka mengadopsi aturan wajib vaksin Covid-19 untuk petugas kesehatan yang berpartisipasi. Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammed Al-Abd Al-Aly dalam konferensi pers sebelumnya mengatakan karantina tidak diperlukan bagi seseorang yang melakukan kontak dengan orang lainnya, yang telah divaksinasi.

“Siapa pun yang menerima vaksin dan dinyatakan lulus dalam waktu dua hingga tiga minggu setelah menyelesaikan vaksinasi, tidak diharuskan untuk karantina setelah bersentuhan dengan orang yang terinfeksi,” katanya.

Ia lantas menyebut kurva epidemi infeksi Covid-19 sedang melalui fase berfluktuasi. Ia menambahkan, pihak berwenang sedang mengawasi pergerakan penyebaran virus tersebut dengan cermat. (dbs).

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *