Jangan Terkecoh! 7 Makanan Sehat yang Ternyata Beracun



banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id – Makanan yang Kita anggap sehat ternyata belum tentu baik bagi kesehatan tubuh. Efek samping negatif itu bisa terjadi apabila makanan dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut daftar makanan sehat yang malah berbahaya bila dikonsumsi berlebihan.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

1. Minyak ikan

Suplemen minyak ikan mengandung omega-3 esensial yang dapat membantu mengurangi peradangan atau risiko penyakit kardiovaskular. Namun menurut Mayo Clinic, mengonsumsi minyak ikan dosis tinggi dapat meningkatkan risiko pendarahan atau stroke dan bahkan menghambat respons kekebalan. Walaupun terlihat aman, lebih baik konsumsi asam lemak omega-3 dari makanan utuh seperti ikan berlemak.

2. Kayu manis

Rempah satu ini umumnya dianggap sebagai makanan sehat karena mengandung antioksidan yang mengurangi peradangan dan kadar gula darah. Mengonsumsi kayu manis dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung atau diabetes tipe 2. Tapi di sisi lain, kayu manis bisa menjadi racun bagi hati.

Ada dua jenis kayu manis. Pertama, kayu manis yang dijual di toko dan dikenal dengan istilah cassia. Kedua, kayu manis yang lebih langka dan mahal disebut Ceylon.

Kayu manis yang dibeli di toko memiliki persentase kumarin jauh lebih tinggi. Kumarin adalah senyawa organik yang dapat merusak sel hati dan menyebabkan kanker. Oleh karenanya, batas konsumsi kayu manis yang disarankan adalah 1 hingga 1,5 sendok teh kayu manis cassia setiap hari.

3. Pala

Pala adalah rempah yang digunakan untuk mengatasi nyeri dan masalah pencernaan. Tetapi konsumsi pala dalam jumlah besar berpotensi beracun. Suatu studi tahun 2015 menemukan, 5 gram atau 2 sendok teh pala bubuk adalah dosis toksik karena efek halusinogennya.

4. Kopi

Banyak penelitian ilmiah yang menemukan hubungan antara minum kopi dengan beberapa manfaat kesehatan. Misalnya masa hidup yang lebih lama dan penurunan risiko serangan jantung. Tetapi beberapa ilmuwan berpikir kopi dapat terkait dengan kanker. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terkandung dalam kopi yakni akrilamida. Bahan kimia tersebut berpotensi sebagai karsinogenik atau menyebabkan kanker. Akrilamida terbentuk saat biji kopi dipanggang.

5. Teh hijau

Ada bukti ilmiah yang menemukan teh hijau dapat menurunkan kolesterol dan mengganggu replikasi sel kanker. Tetapi meminumnya terlalu panas dapat berdampak negatif pada kesehatan esofagus. The International Journal of Cancer baru-baru ini menerbitkan suatu penelitian, minum tiga cangkir teh hijau dengan suhu lebih dari 60 derajat Celsius setiap hari dapat meningkatkan risiko kanker esofagus. Penelitian sebelumnya juga menemukan, ekstrak teh hijau dapat merusak hati.

6. Tuna

Walaupun termasuk protein tanpa lemak, tuna termasuk makanan yang kandungan methylmercury-nya tinggi. Racun lingkungan tersebut dapat menyebabkan masalah perkembangan pada anak-anak dan orang dewasa.

Penelitian menemukan, paparan methylmercury dapat merusak memori dan fungsi motorik halus pada orang dewasa. Selain itu, ibu hamil juga disarankan mengurangi konsumsi tuna kalengan untuk mencegah masalah perkembangan pada anak-anak.

7. Kacang Brazil

Kacang Brazil mengandung selenium yakni mineral penting yang dapat membantu kesuburan dan fungsi otak. Tapi terlalu banyak selenium dapat menyebabkan mual, kelelahan, dan bahkam dalam kasus ekstrem memicu gagal ginjal dan jantung.

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *