Hikmah Pagi : 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Menimbulkan Dosa Besar

banner 452x639
banner 500x500

Hajinws.id – Setiap manusia pasti pernah berbuat dosa, baik itu dosa kecil ataupun dosa besar. Terlebih lagi, syetan selalu melakukan berbagai macam cara untuk menjerumuskan manusia ke dalam lubang kesesatan. Perbuatan dosa akan dijadikan nampak indah oleh syetan. Oleh sebab itu, banyak manusia yang tidak sadar bahwa perbuatan tersebut adalah dosa besar.

Dilansir dari Ringtimesbanyuwangi.com dan kanal Youtube Jamaah Nurul Qolbi berikut adalah Kebiasaan Sehari-hari yang Menimbulkan Dosa Besar

Bacaan Lainnya

banner 400x400

1. Beribadah karena ingin dilihat orang lain

Melakukan ibadah hanya karena ingin dilihat orang lain merupakan sifat riya’. Padahal kita semua tahu bahwan riya’ termasuk dalam syirik kecil, karena menyekutukan Allah dalam niat. Adapun termasuk di dalam perbuatan riya’ ialah memperbagus sholat karena ingin dilihat orang, memamerkan jumlah uang yang disedekahkan, mengharap pujian akan amalan yang dilakukannya, serta sikap sum’ah yakni amalannya didengar dan diberitakan orang banyak.

Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barang siapa melakukan suatu amal dengan dicampuri perbuatan syirik kepada-Ku, niscaya Aku tinggalkan dia dan (tidak aku terima) amal syiriknya” (HR. Muslim).

Maka dari itu, disarankan untuk memperbanyak istighfar, Insyaallah hati kita akan jauh lebih bersih dari segala sifat-sifat yang buruk.

2. Thiyarah

Thiyarah atau Thatayyur adalah merasa bernasib sial karena sesuatu. Misalnya meramalkan nasib buruk karena melihat burung gagak atau hewan-hewan tertentu. Hal ini masih sering kita jumpai dan terjadi pada masyarakat sekitar kita, yang seakan-akan sudah menjadi keyakinan turun menurun yang harus diyakini kebenarannya.

“Barang siapa yang (kepercayaan) thiyarahnya mengurungkan hajat (yang hendak dilakukannya), maka ia telah berlaku syirik. Mereka (para sahabat) bertanya: Wahai Rasulullah, apa kaffarat (tebusan) darinya jika melakukannya?”. Beliau menjawab: “Hendaklah salah seseorang dari mereka mengatakan, ‘Ya Allah, tiada kebaikan kecuali kebaikan kebaikan dari Engkau, tiada kesialan kecuali kesialan dari Engkau, dan tidak ada sesembahan yang hak selain Engkau” (HR. Imam Ahmad)

3. Tidak Tuma’ninah dalam sholat

Pada saat sedang sholat kita sering menganggap sepele tentang tuma’ninah. Namun, perlu diketahui, tuma’ninah merupakan salah satu rukun dalam sholat. Apabila tidak terpenuhi, maka bisa dikatakan sholat kita batal dan harus mengulang dari awal.

“Sejahat-jahatnya pencuri adalah orang yang yang mencuri dalam sholatnya. Mereka (para sahabat) bertanya: ‘Bagaimana ia mencuri dalam sholatnya?’ Beliau menjawab: (Ia) tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya” (HR. Imam Ahmad)

Maka dari itu, kerjakan sholat dengan perlahan dan tadaburi lah setiap bacaan dalam sholat, Insyaallah sholat kita bisa lebih tuma’ninah.

4. Khalwat

Khalwat berasal dari kata ‘khalaa-yakhluu-khalwatan’, yang maknanya dalah menyepi, menyendiri, mengasingkan diri bersama dengan seseorang tanpa kehadiran orang lain. Berduaan dengan pria atau wanita yang bukan mahramnya termasuk ke dalam dosa yang sering kita anggap sepele.

“Tidaklah seorang laki-laki berkhalwat dengan wanita kecuali pihak ketiganya adalah syaitan” (HR. At Tirmidzi)

Maka dari itu, kita tidak diperbolehkan untuk berduaan saja dengan lawan jenis yang bukan mahramnya, karena bisa saja yang ketiga di anataranya adalah syetan. Syetan yang nantinya akan membisikkan keduanya untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang menimbulkan dosa besar.

5. Berjabat tangan dengan yang bukan mahram

Pada zaman yang sekarang ini, berjabat tangan antara pria dan wanita yang bukan mahramnya menjadi hal yang lumrah dan tidak dianggap sebagai dosa. Padahal Rasulullah SAW pernah mengabarkan dengan sangat jelas bahwa:

“Sungguh ditusuknya kepala salah seorang dari kalian dengan jarum dari besi lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya” (HR. Ath Thabrani)

6. Dua orang berbisik saat kumpul bertiga

Dalam sebuah acara perkumpulan, berbisik hanya dengan satu orang bukanlah ahlak seorang muslim. Karena hal itu bisa menyakiti hati orang lain yang tak mendengar, selain itu sikap ini juga bisa menjadi cara syetan untuk memecah belah silaturahmih antar sesama.

“Jika kalian sedang bertiga, makan janganlah dua orang berbisik tanpa seorang yang lain sehingga kalian membaur dalam pergaulan dengan manusia. Sebab yang demikian itu akan membuatnya sedih” (HR. Bukhari)

Nah, itulah enam dosa sehari-hari yang sering dilakukan dan dianggap biasa. Semoga bermanfaat

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *