Hati-hati! 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Ginjal

banner 904x1280
banner 500x500

Hajinews.id – Ginjal merupakan organ tubuh yang mempunyai peran penting untuk membuat kita tetap sehat. Ginjal membantu memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, detoksifikasi organ internal, hingga mengontrol kadar mineral penting yang terkandung dalam darah.

Sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal, agar tidak rusak. Akan tetapi tanpa sadar ternyata kebiasaan yang sering kita lakukan setiap hari, dapat merusak ginjal secara perlahan.Dilansir dari Bright Side, berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

1. Menahan buang air kecil

Menahan buang air kecil, menjadi penyebab utama ginjal rusak. Jika kita sering mengabaikan rasa ingin buang air kecil, maka urin akan tetap berada di kandung kemih untuk waktu yang lebih lama, dan bakteri mulai berkembang biak lebih cepat. Sehingga, dapat menyebabkan konsekuensi serius seperti infeksi ginjal dan inkontinensia urin.

2. Duduk terlalu lama

Duduk dengan waktu yang terlalu lama, tanpa bergerak sekalipun, dapat meningkatkan resiko penyakit ginjal sebanyak 30%. Jika kita menghabiskan waktu lebih dari 8 jam duduk di tempat kerja, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik di rumah, seperti olahraga 2-3 kali setiap minggu dan berjalan-jalan keliling rumah.

3.Jarang minum

Tubuh yang terhidrasi, membantu ginjal menghasilkan urin untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Jika kita tidka minum cukup air secara teratur, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti sakit batu ginjal.

4.Kurang tidur

Cukup tidur tidak hanya baik bagi kesehatan kita, tapi juga untuk ginjal. Siklus tidur yang kita miliki, mengatur dan mengoordinasi fungsi ginjal dan jaringan organ ini diperbarui saat kita sedang tidur. Jika kita kurang tidur, maka dapat menganggu proses tersebut dan meningkatkan resiko kerusakan ginjal.

5.Makan daging

Konsumsi protein hewani yang berlebihan, membuat asam dalam darah yang menyebabkan asidosis, kondisi saat ginjal tidak dapat menjaga keseimbangan pH tubuh. Seiring waktu, gangguan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan yang parah dan masalah ginjal kronis.

6.Konsusmi terlalu banyak garam dan gula

Makn terlalu banyak produk asin, membuat organ kita harus bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan natrium. Akhirnya, hal ini mengakibatkan penurunan fungsi ginjal dan menyebabkan retensi air di dalam tubuh, yang bisa meningkatkan tekanan darah. Selain itu, konsumsi gula yang berlebih juga berkontribusi dalam menyebabkan tekanan darah tinggi, yang juga bisa berujung pada meningkatnya resiko diabetes. Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan gagal ginjal.

 

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *