3 Amalan yang Pahalanya Sama dengan Ibadah Haji

banner 904x1280
banner 500x500

Hajinews.id – Setiap muslim menginginkan untuk menyempurnakan rukun Islamnya dengan menunaikan ibadah haji. Namun tidak semua bisa melakukan perjalanan untuk berziarah ke kota Makkah.

Dikutip dari portal Jember dan kanal YouTube Doa Pedia pada 23 Februari 2021, berikut tiga amalan yang pahalanya sama dengan ibadah haji dan umrah.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

1. Shalat lima waktu berjamaah di masjid

Seperti halnya yang dijelaskan dalam Al-Mu’jam Al-Kabir dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda: “Siapa yang berjalan menuju shalat wajib berjamaah maka ia seperti berhaji. Siapa saja yang berjalan menuju shalat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunnah.”

2. Melakukan shalat Isyraq

Menunaikannya yaitu dengan shalat subuh berjamaah di masjid dan dilanjutkan dengan berdzikir hingga matahari terbit setinggi tombak (kira-kira 15 menit setelah matahari terbit) serta menyempurnakan dengan shalat sunnah dua rakaat (biasa disebut salat Isyraq atau shalat Dhuha di awal waktu).

Dari Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat subuh berjamaah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumrah secara sempurna.”

3. Menghadiri majelis ilmu di masjid

Masjid tidak hanya untuk shalat semata, sering sekali beberapa kajian ilmiah atau kajian keislaman bertempat di masjid. Turut serta dan hadir dalam kajian tersebut mampu mendatangkan pahala sebesar pahala ibadah haji.

Dari Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda: “Siapa saja yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.”

Itulah tiga amalan yang pahalanya sama dengan ibadah haji, semoga bermanfaat

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *