Hikmah Pagi : 3 Cara Bersyukur kepada Allah SWT

banner 452x639
banner 500x500

Hajinews.id- Sudahkah kita bersyukur hari ini ? pertanyaan ini sangat penting diajukan untuk mengingatkan diri kita agar senantiasa selalu bersyukur dalam kondisi apa pun.

Cara bersyukur setiap orang berbeda, ada yang bersyukur dengan mengadakan tasyakuran, menyisihkan rezeki yang didapatnya dan ada pula orang yang hanya mengucapkan Alhamdulillah saja.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Dikutip dari mantrasukabumi.com dan Buku Ajaibnya Tafakkur dan Tasyakkur untuk Percepatan Rezeki, karya Ahmad Zainal Abidin. Berikut penjelasan cara dan bentuk beryukur yang baik.

1. Bersyukur dengan hati

Orang yang berayukur dengan hati tidak akan pernah sombong dan menganggap segala sesuatu yang didapatkan adalah anugerah dari Allah Swt. Menurut M. Quraish Shihab, sujud syukur adalah perwujudan dari bentuk syukur dengan hati. Yang dilakukan saat hati dan pikiran merasa tenang, karena menyadari segala bentuk nikmat yang Allah beri.

2. Bersyukur dengan lisan

Rasa syukur bisa diungkapkan dengan lisan, kalimat yang biasanya diungkapkan adalah Alhamdulillah (segala puji bagi Allah). Dalam kajian ilmu bahasa, kata al dalam kalimat Alhamdulillah itu memiliki makna keseluruhan. Bahwa segala bentuk pujian hanya milik Allah, manusia tidak mempunyai hak untuk dipuji apalagi diagung-agungkan. Bersyukur dengan lisan, hendaknya dilakukan berdasarkan pada ketulusan hati, bukan karena ingin mendapat pujian.

3. Syukur dengan perbuatan

Bersyukur dengan perbuatan berarti mampu menjadikan dan menggunakan segala bentuk gerak tubuh, mulai dari mata, tangan, kaki dan bagian organ tubuh lainnya untuk beribadah kepada Allah Swt. Setiap nikmat yang Allah berikan kepada kita, menuntut perenungan agar mengetahui ihwal tujuannya, niscaya Allah akan memberikan manfaat dan tambahan menikmatan dari semua itu. Salah satu contoh adalah penciptaan lautan yakni agar manusia mampu mengambil manfaat dari hasil ciptaan-Nya.

Ketiga cara bersyukur tersebut adalah media penegasan diri kepada Allah Swt, tentang kelemahan dan ketidakberdayaaan manusia. Mari kita awali hari yang sedang dan akan kita lalui dengan bersyukur.

 

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *