Hikmah Pagi : 7 Amalan yang Pahalanya Tetap Mengalir Meski Telah Wafat

banner 452x639
banner 500x500

Hajinews.id– Ada beberapa amalan yang pahalanya tetap mengalir walaupun orang yang mengamalkannya telah wafat. Amalan-amalan ini terdapat pada hadits Rasulullah yang menganjurkan untuk melaksanakannya agar tetap mendapatkan pahala meski telah wafat atau meninggal dunia.

Dari Anas Radhiyallahu anhu beliau berkata, “Rasulullah bersabda, ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah wafatnya (yaitu):

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Orang yang mengajarkan suatu ilmu, mengalirkan sungai, menggali sumur, menanamkan kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf Atau meninggalkan anak yang memohonkan ampun buatnya setelah dia meninggal,”(Riwayat Al-Bazzar dalam Kasyful Astar).

Seperti yang dilansir dari Ringtimesbanyuwangi.com dan laman Almanhaj pada 20 Februari 2021, berikut ini pembahasan mengenai amalan yang pahalanya tetap mengalir walaupun telah wafat.

1. Mengajarkan suatu ilmu

Orang yang semasa hidupnya mengajarkan suatu ilmu semasa hidupnya dan ilmunya bermanfaat yang bisa mengantarkan seseorang menjadi lebih baik akan mendapatkan pahala walaupun sudah meninggal. Orang yang berpartisipasi dalam mencetak buku-buku yang bermanfaat maka dia juga mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah.

2. Mengalirkan sungai

Mengalirkan sungai adalah membuat aliran-aliran sungai dari mata air dan sungai induk agar bisa sampai ke pemukiman masyarakat atau sawah dan ladang. Dengan adanya aliran sawah maka masyarakat akan terhindar dari rasa haus serta tanaman yang bisa tumbuh dengan subur. Sehingga orang yang mengalirkan sungai pahalanya tetap mengalir meski telah wafat.

3. Menggali sumur

Menggali sumur sama halnya dengan pahala orang yang mengalirkan mata air, apalagi dengan air sumur tersebut kebutuhan minum banyak orang bisa tercukupi. Dan juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari termasuk juga berwudhu’, maka pahalanya akan terus mengalir walaupun telah wafat.

4. Menanam pohon kurma

Pohon kurma adalah pohon yang paling mulia dan memiliki banyak manfaat untuk manusia. Orang yang semasa hidupnya menanam pohon kurma, maka dia akan tetap mendapatkan pahala meskipun telah meninggal dunia. Tidak hanya pohon kurma, ini juga berlaku bagi siapa saja yang menanam segala macam pohon yang bermanfaat bagi manusia.

5. Membangun masjid

Masjid adalah tempat ibadah yang paling dicintai Allah. Pahalanya akan terus mengalir karena selalu digunakan untuk beribadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

6. Mewariskan mushaf atau al-quran

Anda bisa mendapatkan pahala meskipun telah meninggal dunia dengan cara mewakafkan al-quran di masjid-masjid atau musola agar dimanfaatkan oleh kaum muslimin.

7. Mendidik anak-anak

Memiliki anak sholeh yang mendoakan orang tuanya dan memohonkan rahmat untuk kedua orang tuanya, dapat menjadi ladang pahala bagi orang tuanya meskipun telah meninggal dunia.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *