8 Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat, Mudah Ditemukan

8 Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat
ilustrasi: asam urat
banner 500x500

Hajinews – Kolesterol merupakan zat lemak yang terdapat di dalam sel tubuh. Kadar kolesterol yang seimbang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Namun, apabila jumlah kolesterol terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Melansir dari Medical News Today, kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, seperti memproduksi sejumlah hormon dan menghasilkan vitamin D. Meskipun dibutuhkan oleh tubuh, kolesterol dengan kadar tinggi dapat memicu datangnya berbagai penyakit, salah satunya asam urat.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Asam urat atau gout bisa terjadi karena kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh terlalu tinggi (hiperurisemia). Akibatnya, asam urat menumpuk dan membentuk kristal asam urat mengiringi jaringan yang menyebabkan peradangan, nyeri, dan pembengkakan.

Ada beberapa 8 makanan yang dianggap mampu menurunkan kolesterol dan asam urat. Berikut ini makanan penurun kolesterol dan asam urat yang dilansir dari Medical News Today:

Minyak Zaitun

ilustrasi minyak zaitun
©Pixabay/Couleur

Makanan penurun kolesterol dan asam urat yang pertama adalah minyak zaitun. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada minyak zaitun berperan penting untuk menurunkan kolesterol dan asam urat. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung asam lemak jenuh yang berperan penting menurunkan kadar asam urat terlalu tinggi.

Buah Sirsak

Salah satu penurun kolesterol dan asam urat dengan mengonsumsi buah sirsak. Rasanya yang manis dan asam menjadikan buah ini cukup digemari sebagian masyarakat. Selain itu, sirsak juga memiliki beberapa kandungan yang berfungsi efektif mengontrol kolesterol.

Seperti melansir dari Medical News Today, kandungan vitamin C, kalsium, hingga karbohidrat pada sirsak dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi asam urat. Selain itu, buah sirsak juga berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghilangkan rasa sakit dan mencegah radikal bebas.

Buah Naga

Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki akar, duri, serta batang. Buah yang memiliki warna merah pekat ini menjadi salah satu jenis buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis serta memiliki bentuk yang unik, menjadi ciri khas dari buah yang berasal dari Meksiko ini.

Selain rasanya yang manis serta bentuknya yang unik, ternyata buah naga juga memiliki kandungan yang berfungsi efektif menurunkan kolesterol dan asam urat. Mengonsumsi buah ini secara rutin dan teratur berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Asam Jawa

mahasiswa universitas brawijaya temukan bahan pemutih gigi alami dari asam jawa
©2020 Merdeka.com/prasetya.ub.ac.id

Makanan penurun kolesterol dan asam urat lainnya, yaitu mengonsumsi asam jawa. Pasalnya, kandungan serat pada asam jawa dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari aliran darah. Sehingga hal ini berfungsi efektif dalam mengurangi jumlah kolesterol pada tubuh.

Kemiri

Kemiri merupakan bumbu dapur yang sering digunakan oleh masyarakat sebagai penyedap rasa makanan. Tanaman yang memiliki nama lain Aulirites malocannus ini dapat ditemui di daerah yang memiliki iklim subtropis seperti Indonesia, Malaysia, dan beberapa bagian Australia.

Kemiri memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya menurunkan kolesterol dan asam urat. Kandungan potasium pada kemiri memungkinkan darah untuk mengalir bebas ke seluruh sistem tubuh. Sehingga hal ini berperan penting untuk menurunkan kolesterol jahat dan membantu menurunkan risiko penyakit kronis lainnya, seperti penyakit stroke.

Brokoli

Brokoli menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup populer di Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang segar, brokoli juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C, float, serta glukosinolat pada brokoli dipercaya dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit, salah satunya menurunkan kolesterol dan asam urat.

Selain itu, kandungan kalsium hingga vitamin K yang terdapat pada brokoli juga berfungsi efektif untuk menjaga keseimbangan gula darah yang seringkali menyebabkan penyakit diabetes. Sehingga mengonsumsi brokoli secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif untuk mengontrol gula darah.

Buah Plum

ilustrasi buah plum
©Pixabay/Meister199

Makaanan penurun kolesterol dan asam urat selanjutnya, yaitu buah plum. Beberapa kandungan yang terdapat pada buah plum dapat membantu menjaga kadar gula darah. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit asam urat yang biasa disebabkan karena kolesterol tinggi.

Melansir dari Healthline, meskipun kaya akan karbohidrat, namun buah plum tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang berlebihan. Pasalnya, buah ini mampu meningkatkan kadar adinopektin yang berfungsi efektif dalam mengatur gula darah. Sehingga mengonsumsi buah plum secara rutin berperan penting dalam mengontrol kolesterol.

Buah Delima

Buah yang memiliki warna merah dan rasa yang manis ini ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan di dalamnya dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan asam urat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pharmacological Research menunjukkan bahwa buah delima memiliki kandungan antioksidan polifenol yang berfungsi efektif dalam melawan aterosklerosis serta peradangan pembuluh darah. Sehingga buah delima mampu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.

Sumber: merdeka

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *