Hati-hati! 7 Kebiasaan Sehari-hari yang Meningkatkan Risiko Alzheimer

banner 904x1280
banner 500x500

Hajinews.id- Demensia tidak hanya terjadi pada orang tua namun juga bisa terjadi pada usia remaja terutama diakibatkan oleh faktor faktor maupun kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Berikut adalah tujuh kebiasaan sehari hari yang meningkatkan risiko demensia yang dilansir dari lingkar Madiun

1. Pola makan yang buruk

Bacaan Lainnya

banner 400x400

“Otak membutuhkan lemak sehat, protein tanpa lemak, vitamin dan mineral agar berfungsi dengan baik,” kata Howard Fillit, MD, direktur eksekutif pendiri dan kepala ilmuwan Alzheimer’s Drug Discovery Foundation (ADDF) dan Program Vitalitas Kognitif ADDF.

Selain itu menunjukkan bahwa orang yang memiliki pola makan tinggi lemak jenuh lebih cenderung mengembangkan demensia.

2. Mengabaikan penyakit kronis

Hipertensi dan diabetes yang tidak diobati adalah dua faktor risiko terbesar untuk demensia seperti penyakit Alzheimer

3. Merokok

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang merokok berisiko lebih tinggi mengembangkan semua jenis demensia, dan risiko yang jauh lebih tinggi (hingga 79 persen) untuk penyakit Alzheimer, khususnya.

4. Menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak

Lebih dari satu juta kasus penyakit Alzheimer di Amerika Serikat dapat dikaitkan dengan kurangnya olahraga, namun hampir sepertiga orang Amerika tetap tidak aktif secara fisik.

5. Menjadi seorang penyendiri

Menurut penelitian bahwa orang yang kesepian memiliki risiko dua kali lipat terkena Alzheimer daripada rekan sosial mereka,” kata Dr. Fillit

Meskipun Anda lebih tertutup dan menikmati waktu sendiri, cobalah lebih berusaha untuk melakukan aktivitas sosial, misalnya bergabung dengan klub buku, menjadi sukarelawan di penampungan hewan, atau berpartisipasi dalam olahraga komunitas.

6. Kurang tidur

Dalam penelitian terbaru memperkirakan bahwa 15 persen kasus penyakit Alzheimer mungkin disebabkan oleh masalah tidur. Untuk menurunkan risiko Anda, Dr. Fillit menyarankan untuk menetapkan rutinitas waktu tidur, menjaga jadwal tidur yang teratur, dan mengobati gangguan tidur

7. Terlalu banyak tidur

Dalam studi yang sama terhadap 7.500 wanita, para peneliti menemukan bahwa tidur lebih dari delapan jam semalam meningkatkan risiko demensia hingga 35 persen.

 

 

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *