5 Buah Enak Asli Indonesia yang Terancam Punah, Pernah Coba?



banner 500x500

banner 800x800





Jakarta, hajinews.id – Indonesia memiliki keragaman hayati, banyak sekali buah-buahan yang tumbuh dan bisa dinikmati. Selain buah-buahan populer yang banyak dijual di pasaran, ternyata ada juga buah khas di masing-masing daerah yang kini terancam punah.

Berikut beberapa buah asli Indonesia yang langka dan memiliki bentuk unik dilansir melalui channel YouTube YtCrash News dan ringtimemalang.com.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

1. Salak merah

Salak merah   

Buah salak merah ini hanya bisa ditemukan di hutan di Kalimantan. Buah ini biasa disebut dengan salak hutan. Jenis salak ini tergolong sangatlah langka. Bedanya dengan salak biasanya, salak ini tidak berduri, struktur kulitnya halus dan daging buahnya lembek. Termasuk langka, tak heran jika salak merah ini dijual dengan harga Rp 18 ribu sampai Rp 35 ribu per kilogram. Sedangkan salak biasa hanya dibanderol Rp 8 ribu sampai Rp 12 ribu per kilogram. Salak ini rupanya juga banyak diburu oleh para ekspatriat yang datang Prancis, Amerika, Jepang, Thailand bahkan Malaysia.

2. Buah keledang

Buah keledang

Sekilas pasti banyak yang mengira buah ini adalah buah nangka. Namun meski memiliki kulit dan daging buah yang mirip buah ini bernama buah keledang. Buah yang berasal dari Kalimantan ini, memiliki aroma dan rasa yang unik yakni asam dan manis yang menyegarkan. Menurut orang yang sudah pernah mencobanya rasa buah keledang ini merupakan perpaduan buah nangka dan manggis.

3. Buah hala

Buah hala

Buah hala jika dilihat memang mirip dengan buah nanas. Buah ini berasal dari tanaman pandan laut yang biasanya tumbuh di tepi pantai. Soal rasa, rasanya menyerupai kacang tanah. Buah ini juga mengandung sejumlah nutrisi seperti air, karbohidrat, protein, lemak, serat dan betakaroten. Perlu diketahui juga buah hala ini mengandung kadar air 74-79 persen yang bisa membantu meringankan dehidrasi.

4. Durian gundul

Durian gundul

Buah durian biasanya dikenal dengan buah yang memiliki kulit berduri. Namun, di Nusa Tenggara Barat (NTB) ditemukan durian yang permukaan kulitnya halus tanpa duri alias gundul. Sekilas jika dilihat buah ini mirip dengan buah sukun karena bentuknya nyaris bulat dan berwarna cokelat. Bahkan saat ini buah ditemukan, penduduk setempat mengira jika buah ini adalah batu besar atau fosil zaman purba. Namun saat mencium baunya barulah mereka yakni jika temuannya itu adalah buah durian gundul. Meski memiliki tampilan gundul, saat dibuka, buah ini sama-sama menawarkan daging buah lembut yang menggoda.

5. Buah rumbia

Buah rumbia

Buah rumbia memiliki bentuk yang cukup unik. Buah ini juga disebut pohon sagu karena bisa menghasilkan tepung sagu. Rumbia biasanya tumbuh di rawa-rawa air tawar, aliran sungai dan lainnya. Jika ingin memakannya, buah ini harus diasinkan terlebih dahulu. Selain diasinkan, buah ini biasanya digunakan sebagai campuran rujak bersama buah lainnya. Buah yang ditemukan di Aceh ini sayangnya kini semakin langka.

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *