Sempat Terbakar, Kapal Perang ‘Siluman’ Buatan Banyuwangi Akan Segera Diluncurkan

banner 500x500 banner 500x500

Hajinews РIndustri pertahanan dalam negeri dalam waktu dekat akan meluncurkan kapal perang canggih yang memiliki teknologi siluman atau mampu terhindar dari radar. Kapal perang tersebut bernama Klewang generasi ke-2.

PT Lundin Industry Invest sebagai pembuat KRI Klewang generasi ke-2 mengumumkan, peluncuran kapal perang siluman tersebut akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Kapal tersebut saat ini masih berada di pabriknya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

“Dalam beberapa bulan ke depan, sesuatu yang telah kita tunggu akan segera meluncur. Nantikan terus update terbaru kami,” tulis PT Lundin dalam akun Instagram-nya, Sabtu (23/1).

Mengutip situs Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), membenarkan bila kapal perang canggih buatan Banyuwangi itu akan segera diluncurkan. Klewang 2 merupakan penyempuraan dari Klewang 1 yang sempat diluncurkan pada tahun 2012. Saat masih dalam proses pengujian, KRI Klewang 1 terbakar habis di Selat Bali pada 28 September 2012.

PT Lundin sebagai produsen pun harus mengganti kapal perang pesanan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Indonesia itu, karena belum diserahkan kepada pemesannya.

KRI Klewang 1 sendiri, menurut KKIP, menghabiskan anggaran hingga Rp 114 miliar. Pengadaan kapal tersebut dibiayai APBN Tahun 2009. Kelebihan kapal Klewang tersebut, yakni memiliki teknologi steatth yang tidak bisa dilacak oleh radar. Teknologi stealth ini juga dimiliki pesawat terbang intai F-117 Night Hawk milik Angkatan Udara Amerika Serikat. (dbs).

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *