Hikmah Pagi : 5 Golongan Ahli Sedekah yang Masuk Neraka

Ilustrasi
banner 904x1280
banner 500x500

Hajinews.id – Sedekah adalah salah satu amalan sunnah yang diperintahkan oleh Allah bagi para hambaNya. Tetapi ada beberapa orang ahli sedekah yang masuk ke neraka.

Tentunya ada beberapa penyebab golongan ini dilempar malaikat ke neraka meskipun amalan sedekahnya berlimpah.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Beberapa hadits juga telah menceritakan kisah dari orang-orang ahli sedekah yang tetap masuk neraka. Melansir dari kanal YouTube Jamaah Nurul Qolbi pada Sabtu, 23 Januari 2021, berikut ini golongan ahli sedekah tetapi dilempar ke neraka.

1. Orang yang ahli sedekah tetapi untuk mencari pujian orang lain

Rasulullah telah bersabda bahwa setiap amalan tergantung dari niatnya. Orang-orang yang ahli sedekah tetapi tujuannya untuk mencari pujian orang lain tidak akan mendapatkan pahala dari sedekah yang telah dilakukan.

Rasulullah pernah bersabda:

“Berikutnya (yang diadili) adalah orang yang diberi kelapangan rezeki dan berbagai macam harta benda. Diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatan yang telah diterimanya, ia pun mengakuinya.

Allah bertanya, ‘apa yang telah engkau lakukan dengan nikmat-nikmat itu?’

Dia menjawab, aku tidak pernah meninggalkan sedekah dan infaq pada jalan yang Engkau cintai, aku melakukannya semata-mata karena Engkau.

Allah berkata, ‘engkau dusta, engkau berbuat yang demikian itu supaya dikatakan seorang dermawan (murah hati) dan memang yang begitulah yang dikatakan (tentang dirimu).

Kemudian diperintahkan (Malaikat) agar menyeretnya dan melemparkannya ke dalam neraka.” (HR. Muslim).

2. Menunda sedekah

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata:

“Seseorang bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah sedekah apakah yang paling afdhal?’

Beliau menjawab, engkau bersedekah ketika masih dalam keadaan sehat lagi kaya, sangat ingin menjadi kaya dan khawatir miskin.

Jangan kau tunda hingga ruh sudah sampai di kerongkongan, beru berpesan, untuk si fulan sekian dan untuk si fulan sekian. Padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan (ahli waris).”

Berdasarkan hadits di atas kita sangat dianjurkan untuk bersedekah di saat masih sehat dan diperintahkan untuk tidak menundanya.

3. Tidak sedekah kepada orang terdekat terlebih dahulu

Allah SWT telah berfirman untuk menafkahkan harta kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Berdasarkan firman tersebut, kita tidak perlu jauh-jauh dan bingung untuk mencari orang yang berhak menerima sedekah. Karena sedekah yang lebih utama adalah sedekah untuk kedua orang tua terlebih dahulu.

4. Perhitungan dalam sedekah

Rasulullah telah bersabda untuk tidak perhitungan dan kikir, karena Allah juga akan berlaku hal yang sama kepada kita. Hendaknya kita bersedekah sesuai kemampuan diri dan tidak boleh dipaksakan. Hal inilah yang menyebabkan hati resah dan perhitungan.

5. Mengungkit sedekah

Mengungkit-ungkit sedekah adalah salah satu sikap yang dibenci Allah. Hal ini dapat menghilangkan pahala sedekah dan menyakiti perasaan si penerima sedekah. Akibatnya tali silaturrahmi bisa putus dan juga dapat mennyebabkan rezeki menjadi tidak lancar

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar