5 Makanan Terburuk Pemicu Stroke



banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id– Stroke merupakan penyakit mematikan yang menjadi penyebab kematian kedua dan penyebab kecacatan ketiga di seluruh dunia menurut World Organization Health (WHO).

Penyakit stroke ini dapat terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah dan hal itu menyebabkan otak kekurangan pasokan oksigen dan nutrisinya. Salah satu penyebabnya yaitu mungkin dari makanan dan minuman yang sering dikonsumsi sehari-harinya. Dirangkum dari Ringtimes Bali dan Ezra Home Care, berikut beberapa makanan yang dapat memicu stroke diantaranya:

Bacaan Lainnya


banner 400x400

1. Kerupuk dan Keripik

Makanan seperti kerupuk, keripik, kue kering, dan makanan ringan, makanan beku, hingga makanan yang dipanggang bisa mengandung lemak trans. Lemak trans sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan penyumbatan arteri. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 7 gram lemak trans setiap hari dapat mengalami stroke 30 persen lebih tinggi dibandingkan wanita yang mengonsumsi lemak trans satu gram.

2. Daging Olahan

Makanan seperti sosis, hot dog, sandwich, dan makanan lainnya memang enak dan lezat apabila dikonsumsi. Meskipun demikian, daging olahan dan daging yang diasap tersebut dapat menjadi pemicu penyakit stroke pada seseorang. Biasanya, proses pengawetan yang menjadikan makanan tersebut berbahaya karena kandunga natrium sebagai bahan pengawet yang dapat mencegah daging olahan menjadi busuk. Faktanya, kandungan natrium nitrat dan nitrit telah terbukti dapat merusak pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan arteri mengeras dan menjadi sempit.

3. Minuman Bersoda

Minuman yang bersoda memang terlihat menarik dan menyegarkan. Meskipun begitu, minuman bersoda ini harus dihindari bagi seseorang yang memiliki risiko penyakit jantung seperti stroke. Penelitian menunjukkan bahwa peminum soda akan mengalami stroke 60 persen lebih tinggi dan mengalami serangan jantung serta penyakit jantung koroner daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

4. Daging Merah

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi daging merah dalam porsi bersar setiap hari dapat meningkatkan risiko penyakit stroke 42 persen lebih tinggi. Hal ini dikarenakan daging merah mengandung lemak jenuh yang tinggi. Makanan tersebu tidak sehat bagi penderita penyakit jantung dan stroke. Kandungan lemak jenuh dalam daging merah dapat meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung secara bertahap dan dapat menyumbat pembuluh darah arteri dengan penumpukan plak.

5. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji merupakan salah satu makanan yang tidak baik bagi penderita stroke. Hal ini dikarenakan terdapat bahan pengawet seperti garam atau natrium yang dapat meningkatkan risiko stroke. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari 4000 miligtam sodium setiap hari dapat memiliki risiko dua kali lipat lebih besar terkena stroke dibandingkan orang yang mengonsumsi 2000 miligram atau kurang.

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *