Kloter Pertama Haji 2021 Dijadwalkan Berangkat Juni

Pelaksanaan ibadah Haji (foto: alinea)
banner 904x1280
banner 500x500

Hajinews — Kementerian Agama (Kemenag) saat ini tengah mempersiapkan penyelenggaran ibadah haji 1442 Hijriah atau 2021 yang diprediksi akan dilaksanakan pada bulan Juni, meskipun belum mendapat kepastian dari pemerintah Arab Saudi tentang izin pelaksanaannya. Opsi waktu keberangkatan menjadi salah satu persiapan yang dikerjakan.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan, keberangkatan haji kloter pertama ke “Tanah Suci” akan dilakukan pada Juni 2021. Dengan asumsi kondisi normal dan sesuai kalender hijriah.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

“Berdasarkan kalender hijriah dan asumsi haji bisa dilaksanakan dengan normal, perkiraan jadwal pemberangkatan kloter awal jemaah haji 2021 akan mulai dilaksanakan pada 15 Juni 2021,” katanya saat rapat bersama Komisi VIII DPR, yang disiarkan secara virtual, Senin (18/1).

Segala persiapan teknis perlu digodok dari sekarang lantaran waktu tersisa lima bulan. Menurut Menag, hal itu didasari ruang lingkup pelayanan ibadah haji yang luas dan kompleks.
“Waktu yang tersisa sangat terbatas. Berbagai persiapan harus segera mulai dilakukan, termasuk di antaranya usulan kami untuk memulai pembahasan biaya haji 2021 meskipun informasi mengenai besaran kuota haji masih belum dipastikan,” tuturnya.

Arab Saudi belum memberikan “lampu hijau” pelaksanaan ibadah haji 2021, kata Yaqut. Hal tersebut merujuk hasil koordinasi antara Kemenag dengan otoritas haji setempat.

“Pemerintah Arab Saudi sampai saat ini masih fokus pada penanganan Covid-19 di dalam negeri mereka serta memantau penanganan Covid-19 pada negara pengirim jemaah haji,” terangnya, sebagaimana dilansir alinea, Senin (18/1)

Meski demikian, dirinya menerangkan, Kemenag telah menyiapkan sejumlah opsi, yakni kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak memberangkatkan jemaah haji.

“Pemerintah sampai saat ini masih bekerja untuk menyiapkan opsi pertama yaitu kuota penuh meskipun ini masih sangat bergantung pada pemerintah Arab Saudi. Dan kita berharap agar wabah ini segera berakhir sehingga penyelenggaraan ibadah haji 2021 masehi dapat berjalan normal,” tandasnya.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
1
+1
1
+1
0
+1
1
+1
2
+1
1
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *