Hikmah Pagi : Amalan sebelum Berwudhu

banner 500x500 banner 500x500

Hajinews.id – Wudhu merupakan salah satu ibadah yang cukup sentral dalam ajaran Islam. Karena, sarat sahnya melakukan ibadah seperti salat, membaca Al-Qur’an dan ibadah-ibadah lainnya harus didahului dengan melakukan ibadah wudhu. Ibadah wudhu juga merupakan salah satu ibadah yang disukai Allah SWT.

Akan tetapi, dalam menyempurnakan ibadah wudhu tersebut, para ulama menganjurkan untuk melakukan cuci tangan terlebih dahulu sampai bersih dan juga dilanjutkan dengan doa sebelum wudhu atau bisa juga disebut doa wudhu.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Mengutip dari NU Online, bahwa para ulama menganjurkan membaca amalan dan doa sebelum wudhu, yakni

  1. pertama, membaca ta’awudz.
  2. Kedua membaca basmalah.
  3. Ketiga, membaca tahmid atas nikmat Islam sebelum berwudlu.
  4. Keempat, membaca tahmid atas nikmat air sebelum berwudhu.
  5. Kelima, membaca ta’awudz dari was-was setan.
  6. Keenam, membaca dua kalimat syahadat.

Adapun bacaan-bacaan amalan tersebut adalah sebagai berikut.

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمْ الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى الْإِسْلَامِ وَنِعْمَتِهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَعَلَ الْمَاءَ طَهُورًا وَالْإِسْلَامَ نُورًا رَبِّ أَعُوذُ بِك مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُون أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

A‘ūdzu billāhi minas syaithānir rajīm Bismillāhir rahmānir rahīm Alhamdulillāhi ‘alal Islāmi wa ni‘matihī Walhamdulillāhil ladzī ja‘alal mā`a thahūran, wal Islāma nūran Rabbi a‘ūdzu bika min hamazātis syayāthīni, wa a‘ūdzu bika rabbi an yahdhurūn Asyhadu an lā ilāha illallāhu, wa asyhadu anna Muhammadan rasūlullāhi

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari gangguan setan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah atas Islam dan nikmatnya. Segala puji bagi Allah yang menjadikan air itu suci dan Islam itu cahaya. Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan setan. Aku juga berlindung kepada-Mu wahai Tuhanku dari kepungan mereka. Aku bersaksi, tiada tuhan selain Allah. Aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah”.

Demikianlah doa yang dianjurkan para ulama sebelum kita melaksanakan ibadah wudhu.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *