6 Amalan Rasulullah setelah Bangun Tidur

banner 500x500 banner 500x500

Hajinews.id – Bangun tidur merupakan nikmat luar biasa yang diberikan Allah SWT lantaran kita sebagai manusia dapat kembali melihat indahnya dunia dan dapat kembali beraktivitas.

Namun sayangnya, seperti yang diajarkan Rasulullah SAW, banyak dari kita yang justru bermalas-malasan untuk bangun pagi, atau bahkan memutuskan untuk tidur lagi setelah terbangun. Padahal sebenarnya ada banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan usai bangun pagi dibandingkan tidur kembali.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Rasulullah SAW juga telah mencontohkan beberapa hal yang dilakukan beliau usai bangun pagi.

Dilansir lingkar Kediri dan dari tayangan Saliha yang diunggah oleh kanal Youtube Netmediatama, inilah kegiatan yang dilakukan oleh Rasulullah setelah bangun pagi:

1. Mengusap wajah

Setelah terbangun dari tidur, Rasulullah pun langsung mengusap wajahnya dengan kedua telapak tangan untuk menghilangkan kantuk. Hal ini sebagaimana diceritakan oleh Ibnu Abbas RA:

“Kemudian ketika sudah masuh pertengahan malam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bangun, kemudian beliau duduk. Lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya,” (HR. Ahmad).

2. Membaca doa bangun tidur

Membaca doa merupakan suatu hal yang dianjurkan oleh agama Islam sebelum dan sesudah melakukan suatu hal. Membaca doa setelah bangun tidur juga merupakan suatu cara bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat usia yang diberikan-Nya kepada kita.

3. Membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran

Hal yang dilakukan Rasulullah setelah bangun tidur selanjutnya adalah membaca 10 ayat terakhir Surat Ali Imran. Adapun yang dibaca yakni mulai dari ayat 190.

4. Bersiwak

Siwak merupakan nama sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok atau membersihkan gigi. Maka untuk sekarang bersiwak dapat berarti menggosok atau membersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi pada umumnya. Tujuannya adalah membersihkan gigi dan menjaga kebersihan mulut.

“Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menggosok gigi dengan siwak,” (HR Bukhari dan Muslim).

5. Membersihkan hidung

Membersihkan hidung dapat dilakukan dengan memasukkan air ke dalam hidung dengan cara disedot dan kemudian dikeluarkan.

“Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali, karena setan bermalam di rongga hidungnya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali

Membasuh tangan setelah bangun tidur menjadi suatu hal perlu dilakukan lantaran saat tidur kita tidak mengetahui apa saja yang telah dipegang oleh tangan kita. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah sebagai berikut:

“Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah sebelum dia mencucinya tiga kali. Karena dia tidak mengetahui di mana tangannya semalam berada,” (HR. Bukahri dan Muslim).

Nah, itulah hal-hal yang dilakukan Rasulullah setelah bangun pagi. Tentunya menjalankan hal-hal di atas akan bernilai ibadah.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *