Menag: Belum Ada Kepastian Penyelenggaraan Ibadah Haji 2021

Menteri Agama Gus Yaqut: Saya Tidak Ingin Populisme Islam Berkembang Luas
Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Antara


banner 500x500

banner 800x800





Hajinews.id – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut sampai saat ini belum ada kepastian dari pemerintah Arab Saudi terkait ada atau tidaknya penyelanggaraan ibadah Haji di tahun 2021.

Menurut Yaqut, pihaknya kini terus melalukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah Arab Saudi ihwal ada tidaknya penyelenggaraan ibadah Haji. Seperti bertemu Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi hingga berkomunikasi dengan otoritas Arab Saudi.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

“Dari koordinasi tersebut diperoleh informasi sementara bahwa sampai saat ini kepastian adanya ibadah haji pada tahun 2021 belum diperoleh,” ujar Yaqut saat rapat dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan,dilansir indozone pada Senin (18/1/2021).

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini menyebut, belum adanya lampu hijau ihwal pelaksanaan ibadah Haji tahun 2021 dikarenakan pemerintah Arab Saudi sedang fokus menangani pandemi Covid-19.

“Namun kami di Kemenag melakukan ikhtiar usaha yang terbaik terkait pelaksanaan ibadah Haji ini,” beber dia.

Namun demikian, ia menuturkan bahwa Kemenag sudah menyiapkan tiga opsi terkait pelaksanaan ibadah haji. Mulai dari pelaksanaan dengan kuota haji terbatas sampai peniadaan ibadah haji seperti tahun lalu.

“Kami memiliki tiga opsi atas ikhtiar ini. Pertama, yaitu kuota penuh, kuota terbatas, dan seperti tahun lalu tidak memberangkatkan jemaah haji. Pemerintah sampai saat ini menyiapkan opsi pertama, meski sangat tergantung pemerintah Arab Saudi kita semua berharap wabah ini segera berakhir sehingga pelaksanaan ibadah haji 2021 berjalan normal seperti tahun sebelumnya,” tutupnya.

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *