Punya Penyakit Penyerta Ini? Tak Boleh Divaksin Covid-19!

(Ilustasi ist)
banner 500x500

Hajinews — Harus diketahui, selain harus dalam kondisi sehat, orang yang memiliki penyakit komorbid/penyerta tertentu tidak disarankan untuk menerima vaksin. Penyakit komorbid apa saja yang belum layak mengikuti vaksinasi COVID-19?

Berikut ini penyakit komorbid/penyerta yang belum layak menerima vaksin Corona dilansir detikhealt, Jum’at (8/1) atas rekomendasi PAPDI, khususnya pada vaksin Corona buatan Sinovac.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

1. Penyakit Autoimun Sistemik (SLE, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya)

2. Sindrom Hiper IgE
Sama dengan mereka yang menderita autoimun, perlu menunggu penelitian lebih lanjut untuk menerima vaksinasi.

3. Pasien dengan infeksi akut

Pasien dengan kondisi penyakit infeksi akut yang ditandai dengan demam yang menjadi kontraindikasi vaksinasi.

4. PGK (penyakit ginjal kronis) dialisis, PGK non dialisis, tranlsplantasi ginjal, sindrom nefrotik dengan imunosupresan/kortikosteroid

Saat ini, pemberian vaksin belum direkomendasikan pada pasien PGK non dialisis, PGK dialisis, resipien transplantasi, dan sindroma nefrotik yang menerima imunosupresan/ kortikosteroid.

5. Hipertensi

Beberapa uji klinis dari sejumlah vaksin Corona telah meneliti pasien dengan hipertensi. Namun, populasi ini belum direkomendasikan mendapat vaksin Corona karena belum ada rekomendasi dari tim uji klinis vaksin yang dilakukan di Indonesia. Rekomendasi berikutnya menunggu hasil uji klinis di Bandung.

6. Gagal jantung dan penyakit jantung koroner
Belum ada data mengenai keamanan vaksin pada kondisi ini.

7. Rematik autoimun
Dinyatakan belum layak karena belum ada data penggunaan. Data vaksin sebelumnya juga menunjukkan tidak ada kontraindikasi pemberian pada pasien ini. Pemberian vaksin Covid-19 untuk pasien rematik-autoimun harus mempertimbangkan risiko. Namun rekomendasi ini masih bersifat sementara dan bisa saja berubah jika ada bukti baru tentang keamanan dan efektivitas vaksin.

8. Penyakit-penyakit gastrointestinal
Mereka yang menderita penyakit ini dan menggunakan obat-obat imunosupresan pada dasarnya tidak masalah diberikan vaksin Covid-19. Namun respons imun yang terjadi tidak seperti yang diharapkan.

9. Hipertiroid/hipertiroid karena autoimun
Perlu menunggu hasil penelitian yang jelas dan dipublikasikan.

10. Penyakit kanker, kelainan hematologi seperti gangguan koagulasi, pasien imunokompramais, pasien terapi aktif kanker, pemakai obat imunosupresan dan penerima produk darah
Studi klinis Sinovac mengeksekusi pasien dengan penyakit ini. Dengan tidak adanya data, maka mereka dengan penyakit ini belum direkomendasikan menerima vaksin Covid-19.

11. Pasien hematologi onkologi
Studi klinis Sinovac tidak melibatkan pasien dengan kondisi tersebut. Dengan tidak adanya data pada kelompok tersebut, maka belum dapat dibuat rekomendasi terkait pemberian vaksin Sinovac pada kelompok ini.

Jika tidak memiliki penyakit penyerta seperti di atas, vaksinasi COVID-19 bisa dilakukan selama tubuh dalam kondisi sehat.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *