Penemu Vaksin Pertama: Ilmuwan Muslim Ar Razi Yang Disegani Barat

Penemu Vaksin Pertama: Ilmuwan Muslim Ar Razi Yang Disegani Barat
ilmuwan muslim Ar Razi
banner 500x500

Hajinews – Uji coba vaksin pada kera sebelun pada manusia
Di dunia Islam, metode vaksinasi atau vaksin bermula dari penemuan seorang ilmuwan muslim bernama Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar Razi atau dikenali sebagai Rhazes di dunia barat. Ar Razi diketahui sebagai ilmuwan serba bisa dan dianggap sebagai salah satu ilmuwan terbesar dalam Islam. Dia adalah salah seorang pakar sains Iran yang hidup antara tahun 864 – 930. Ia lahir di Rayy, Teheran pada tahun 251 H/865 dan wafat pada tahun 313 H/925.

Selama hidupnya ar-Razi telah menulis sekitar 229 buku kedokteran. Berikut ini beberapa keunggulan ar-Razi di bidang kedokteran:
  1. Ar-Razi adalah rang pertama yang membedakan antara cacar dan campak
  2. Ar-Razi adalah dokter pertama yang menyusun buku tentang kedokteran anak.
  3. Al-Razi adalah dokter pertama yang meneliti/mencobakan sebuah vaksin ke kera sebelum ke manusia langsung.
  4. Al-Razi adalah dokter pertama yang menemukan penyakit batu ginjal serta pengobatannya.
  5. Al-Razi mengobati orang pingsan karena sengatan matahari dengan cara memukul keras kedua telapak kakinya dengan tujuan untuk mengembalikan peredaran.
  6. Ar-Razi mengompres seseorang yang sedang panas tinggi dengan merendam kain di alkohol saat tidak menemukan es batu dan meletakkan di dahi si penderita dan cara ini sudah dilakukannya 1000 tahun sebelum Paus Presnets.
  7. Ar-Razi mendirikan sebuah rumah sakit. Dia meletakkan sebongkah daging yang digantung di suatu tempat, jika daging itu membusuk dalam waktu yang lama berarti menandakan bahwa daerah itu terbebas dari pencemaran dan cocok untuk dibuat rumah sakit, dan begitu pula sebaliknya.

Tak hanya soal penyakit, karya Ar Razi juga mengulas tentang etika kedokteran. Dia mengungkapkan bahwa tujuan menjadi dokter adalah untuk berbuat baik, bahkan sekalipun kepada musuh dan juga bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Sebagai seorang dokter utama di rumah sakit di Baghdad, ar Razi merupakan orang pertama yang membuat penjelasan seputar penyakit cacar secara terperinci.

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *