Hikmah Malam : Anjuran dari Rasulullah SAW Agar Berhati Lembut

banner 500x500

Hajinews.id– Rasullullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam, menganjurkan bagi umatnya supaya senantiasa memilki kelembutan hati. Dengan hati yang lambut, maka manusia dapat mewujudkan sikap kasih sayang terhadap sesama, bahkan mengasihi semua makhluk.

Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengatakan, ‘hendaklah kamu berhati lembut!’, sebab kelembutan itu tidak menjadikan sesuatu melainkan memperindahnya. Adapun, cara agar hati menjadi lembut serta keingininan tercapai, Rasulullah SAW menjelaskannya dalam sebuah hadits

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Rasulullah SAW bersabda, “Sukakah hatimu menjadi lembut dan keinginanmu tercapai?, maka kasihanilah anak yatim, belailah kepalanya dan berilah ia makanan dari makananmu, niscaya hatimu akan menjadi lembut dan cita-citamu akan tercapai” (HR. Thabrani).

Dikutip dari Kitab Asbabul Wurud, yang disarikan dari Kitab Al bayan Wat Ta’rif fi Asbabul Wurud Al Hadits Asy Syarif, tanggal, 13 Januari 2021.

Telah datang seorang wanita kepada Nabi beserta dua orang putranya dan Rasulullah memberi tiga buah kurma.

Dua buah kurma diberikan kepada kedua anaknya satu orang satu, ketika keduanya telah memakannya, mereka melihat kembali kearah ibunya. Akhirnya sang ibu membelah buah kurma yang ada ditangannya, kemudian tiap belah diberikan kepada anaknya.

Malihat hal itu Nabi bersabda, “Sungguh Allah telah merahmatinya karena kasih sayangnya kepada anaknya”. (HR. Thabrani).

Diriwayatkan di dalam shahih Muslim, bahwa Aisyah telah menunggang seekor unta yang sukar ditungganginya. Sampai-sampai Aisyah mendorong unta yang sukar ditunggangi tersebut, dengan dorongan yang sangat kuat.

Maka kemudian Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam besabda, “Hendaklah kamu berhati lembut”.

“Sebab kelembutan itu tidak menjadikan sesuatu melainkan memperindahnya, dan tidaklah ia dicabut dari sesuatu melainkan dapat memperburuknya”. (HR. Muslim).

 

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *