Arab Saudi Tutup Penerbangan, 252 Jemaah Umrah WNI Tertahan



banner 500x500

banner 800x800





Jakarta, hajinews.id – Sebanyak 252 jemaah umrah asal Indonesia masih tertahan di Arab Saudi pada Kamis, 24 Desember 2020. Mereka tertahan karena kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menutup akses penerbangan pasca adanya penyebaran Covid-19 jenis baru di sejumlah negara Eropa.

“Masih ada 252 orang (yang masih tertahan). Saat ini masih proses negosiasi untuk mencari jalur pulang dari KBRI Riyadh dan KBRI Jeddah,” ujar Muhammad Sahrul Murajjab, Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Riyadh, Rabu malam, 23 Desember 2020.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Ia mengatakan penghentian atau penutupan jalur udara sudah diumumkan oleh pemerintah Arab Saudi sejak 21 Desember dini hari. Penutupan tak hanya dilakukan pada jalur udara, namun kedatangan dari jalur darat, laut internasional juga ikut ditutup selama satu minggu.

Sahrul mengatakan aturan ini dapat diperpanjang oleh pemerintah Arab Saudi. Meski begitu, Sahrul menyebut pemerintah Arab Saudi memberikan pengecualian bagi tiga kondisi.

Pertama bagi maskapai asing yang pada saat diumumkannya peraturan yang baru ini mereka sudah ada di wilayah Arab Saudi. Lalu untuk perpindahan arus barang dan pesawat kargo yang berisi pasokan makanan atau kebutuhan lainnya dan yang terakhir bagi kondisi khusus atau evakuasi.

Sejauh ini KBRI baru berhasil memulangkan satu pesawat Garuda Indonesia sejak penutupan terjadi. Pesawat itu diisi beberapa di antaranya oleh jemaah umrah. Penutupan jalur masuk ini dilakukan pemerintah Arab Saudi untuk menyikapi adanya penyebaran varian baru Covid-19 di beberapa negara di Eropa.

 

 

 

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar