Pemilihan Gus Yaqut Jadi Menag Membuat Publik Terhenyak


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews – Entah apa yang dicari pemerintahan sekarang, seringkali dalam pemilihan para pembantunya yakni para menterinya, selalu membuat publik terhenyak.

Kali ini mata publik mengarah kepada menteri agama baru yaitu Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas. Sebelumnya digadang-gadang yang akan menduduki kursi menag adalah sang kakak yakni KH. Yahya Cholil Staquf.

Bacaan Lainnya

Namun demikian, Direktur Eksekutif Indobarometer M. Qodari menilai Gus Yaqut memang cocok menjadi Menteri Agama. Sebab, Gus Yaqut memiliki sikap yang keras dengan kelompok agama tertentu.

“Soal Gus Yaqut, dia keras kepada kelompok Islam tertentu, itu yang dicari presiden dari Yaqut ya. Bahwa selama ini Yaqut keras kepada kelompok-kelompok yang sekarang berhadapan dengan pemerintah. Jadi kuat ideologi, kuat pertarungan ideologi, head to head gitu,” ucap Qodari kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (22/12).

Menurutnya, selain sebagai politikus PKB, Gus Yaqut juga merupakan warga Nahdlatul Ulama. Artinya, sosok Gus Yaqut sangat pas untuk menduduki pos Kementerian Agama. Terlebih Gus Yaqut memiliki sepak terjang di lapangan yang cukup apik bersama GP Ansor.

“Pasti NU berada di belakang Yaqut. Kenapa? Ketua GP Ansor, Ketua Banser, ya kemudian secara lapangan juga kalau selama ini yang dilawan punya pasukan, ini punya pasukan. Ya mudah-mudahan akan ketemu ya pintu-pintu untuk dialog, kita tidak menginginkan kekerasan,” tutupnya.

Kita tunggu saja, apakah Gus Yaqut bisa meredam sentimen negatif terhadap dirinya, dikarenakan kiprahnya selama ini yang dinilai berat sebelah dalam menghadapi ormas-ormas Islam yang ada di tanah air.

Sejatinya jabatan itu bukan anugerah tapi sebuah musibah, ada beban amanah yang teramat berat harus dipikul.

– nenden –


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.