Hikmah Pagi : Hati-hati, Wudhu Bisa Membawa Kita ke Neraka

Berwudhu yang benar (dok)
banner 500x500

Hajinews.id– Wudhu merupakan salah satu diantara cara untuk menghilangkan hadats, yakni hadats kecil, wudhu biasanya dilakukan sebelum ibadah yang mengharuskan kita bersihan dan sucian dari hadats kecil bagi yang akan melakukan ibadah tersebut, seperti shalat. Wudhu juga telah Allah SWT perintahkan untuk melaksanakan wudhu sebelum shalat anjuran ini terdapat dalam Surat Al-Maidah ayat 6.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Kesempurnaan Wudhu adalah kesempurnan shalat, terlebih ajaran wudhu adalah ajaran thaharah, bersuci menurut aturan, tidak sekedar bersuci tapi dengan sebuah aturan Nabi dalam pelaksanaannya. Namun sering kali kita kalo wudhu pas tergesa-gesa atau males basuh lengan sampe atas siku, atau gulung celana, sehingga bagian-bagian penting malah tidak terkena air, dan berakibat diancam masuk neraka.

Kira-kira bagian tubuh mana saja yang menjadi batasan dalam berwudhu yaitu sebagai berikut penjelasannya:

1. Tumit

Tidak sedikit orang yang melaksanakan wudhu kakinya hanya dibasuh saja atau hanya sekdar diusap, tapi tidak sampai mata kaki bahkan tumitnya, terkadang batas ini sering lupa maka harus hati-hati sebab membasuh kaki sampai tumit membawa ke neraka.

Sebagaimana penjelasan ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-‘Ash, Abu Hurairah, dan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhum, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Celakalah tumit yang tidak terbasuh air wudhu dengan api neraka.” (HR. Bukhari, no. 165 dan Muslim, no. 241)

2. Sela-sela jari kuku

Sebagaimana pendapat Umar bin Al Khottob menggambarkan bahwa ada seseorang yang berwudhu lantas bagian kuku kakinya tidak terbasuh, kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya dan berkata, “Ulangilah, perbaguslah wudhumu.” Lantas ia pun mengulangi dan kembali shalat. (HR. Muslim no. 243).

3. Siku

Syeikh Ibnu Utsaimin rahimahullah berkata, “Kami ingatkan yang seringkali banyak orang melalaikan, dimana mereka membasuh tangan dari pergelangan sampai siku, mereka menyangka bahwa dia telah membasuhnya sebelum membasuh wajah. Ini tidak dibenarkan. Seharusnya membasuh dari ujung jemari sampai ke siku.”

Jadi, pada saat berwudhu hendaklah berhati-hati, jangan sampai ada anggota wudhu yang tidak terbasuh, sehingga membawa ke neraka-Nya Allah.

 

 

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *