MUTIARA KISAH : Teladan Hasan Al Bashri

Teladan Hasan Al Bashri
KH. Abdullah Gymnastiar
banner 500x500

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar

Hajinews – Ada teladan menakjubkan dari seorang Hasan Al Bashri rahimahullah, seorang ulama besar dari kota Bashrah, tentang bagaimana menjaga kemuliaan diri dengan menyelaraskan antara ucapan dan perbuatan. Suatu ketika seseorang mendatangi Imam Hasan Al Bashri dan berkata, “Wahai Imam, sebaiknya Anda berkhutbah Jumat tentang anjuran memerdekakan hamba sahaya. Lalu Hasan berkata, “Akan aku lakukan, insya Allah”

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Ketika hari Jumat tiba, Imam Hasan Al Bashri naik mimbar akan tetapi dia tidak membahas tentang pembebesan budak. Dia berbicaratentang masalah lain. Kemudian, tibalah Jumat berikutnya, dan dia tidak melakukan hal yang sama seperti Jumat sebelumnya Demikian pula pada Jumat ketiga dan keempat. Baru pada Jumat kelima dia berbicara tentang pembebasan budak.

Kemudian, lelaki yang meminta Al Hasan untuk berkhutbah tentang masalah pembebasan budak menemuinya dan bertanya dengan heran, “Wahai Imam, aku meminta dirimu untuk berkhutbah tentang pembebasan budak, akan tetapi engkau tidak berkhutbah tentang hal itu sampai Jumat kelima”

Al-Hasan menjawab, “Aku tidak berkhutbah dengan materi itu sebelum aku punya uang untuk pergi ke pasar beli budak kemudian membebaskan mereka. Nah, sekarang aku menasihati kaum Muslimin tentang pembebasan budak agar aku tidak termasuk orang orang yang mengatakan apa yang tidak mereka kerjakan.”

(Dikutip dari 100 Tokoh Zuhud, Muhammad Shiddiq Al-Minsyawi, hlm. 256)

Apa hikmah yang dapat dipetik Sahabat?

Sumber : Buku Asmaul Husna jilid 1 karya Aa Gym

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *