4 Tanda Jantung Mulai Kepayahan


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id – Belakangan, sering terjadi kasus serangan jantung ketika tengah berolahraga. Terakhir, diduga meninggalnya legenda sepak bola Indonesia, Ricky Yacobi lantaran terkena serangan jantung saat bermain sepak bola. Alhasil, banyak yang jadi takut olahraga yang akhirnya kesehatan jantung tidak terjaga.

Penyakit jantung dikategorikan sebagai penyakit serius yang menjadi ancaman besar. Meski menjadi penyakit yang berbahaya, banyak orang yang masih menganggap sepele akan kemunculan gejalanya. Nah bagi yang suka olahraga, anda dapat mengenali kemampuan fisik dan isyarat tubuh tentang jantung yang mulai kepayahan akibat olahraga. Dikutip dari akurat.co dan halodoc.com, berikut beberapa gejala jantung yang mesti diperhatikan saat olahraga.

Bacaan Lainnya

1. Nyeri dada yang intens

Rasa nyeri di dada menjadi gejala jantung yang mesti diperhatikan. Gejala yang satu ini terjadi karena adanya sumbatan di bagian arteri jantung. Rasa tidak nyaman ini terjadi karena sesak, nyeri, sensasi rasa terbakar, serta tekanan di bagian dada. Gejala ini muncul ketika kamu tengah beristirahat atau tengah melakukan aktivitas fisik berat.

2. Denyut jantung tidak normal

Selanjutnya yakni denyut nadi yang tidak normal tanpa ada sebab. Biasanya, jantung akan berdegup kencang saat gugup, bersemangat, bekerja keras, kurang tidur atau terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Namun, jika jantung berdegup dengan cepat tanpa ada sebab, hal tersebut dipastikan ada gangguan pada organ jantung.

3. Nyeri pada bagian tubuh lain

Rasa nyeri yang menjalar ke tubuh lainnya seperti lengan juga masuk ke dalam gejala jantung yang mesti diketahui. Mulanya gejala ini akan menjalar ke sisi tubuh sebelah kiri. Pada beberapa pengidap penyakit jantung, mereka akan mengeluh sakit di dada sebelah kiri yang kemudian menjalar ke lengan sebelah kiri.

4. Keringat dingin berlebih

Munculnya keringat dingin tanpa alasan yang jelas bisa mengarah pada gejala sakit jantung. Jika kamu mengalami gejala ini dan disertai nyeri di bagian dada atau gejala yang telah disebutkan, kamu mesti waspada dan segera mendapatkan bantuan.

Sumber : istimewa


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar