Jusuf Kalla Jadi King Maker Pilpres 2024, Langkah Anies Baswedan Makin Mulus


banner 800x800

banner 800x800

banner 400x400

Jakarta, hajinews.id – Gelagat mantan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla mendekati Gubernur DKI Jakarta lewat sejumlah gimik yang muncul belakangan ini mulai menjadi perbincangan publik. Bahkan, sosok yang kerap disapa JK itu disebut-sebut menjadi King Maker atau orang yang akan membantu Anies Baswedan untuk maju dalam kontestasi politik Pilpres 2024.

Wacana ini coba dianalisa oleh Direktur Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, seperti hajinews.id kutip dari RMOL, pada Sabtu (21/11/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Ujang, peluang Anies Baswedan memang terbuka luas di Pemilu 2024. Apalagi, jika wacana JK menjadi King Maker benar adanya.

“Jika JK menjadi king maker, maka Anies bisa makin kuat dan juga menguntungkan Anies,” ucap Ujang.

Keuntungan yang diperoleh Anies Baswedan, dinilai Dosen Politik Universitas Al-Azhar Indonesia ini, adalah sosok JK yang memiliki kualitas mumpuni di dunia politik, dan hal itu sejalan dengan nilai tawar Anies yang akan semakin kuat.

“Terlepas JK saat ini tak memiliki jabatan di pemerintahan. Namun JK tetap memiliki keuatan politik yang tak bisa dianggap enteng. JK politisi handal dan juga pebisnis sukses,” tuturnya.

Oleh karena itu, Ujang memprediksi Anies bakal untung besar apabila JK benar-benar jadi king makernya.

Dikutip dari nusadsily.com, Jika bicara kedekatan, JK dan Anies telah saling kenal. Keduanya pun semakin dekat ketika Anies menjadi Juru Bicara Kampanye Jokowi-JK pada Pemilu 2014. Relasi Anies-JK karena sama-sama berada dalam naungan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Saat Anies menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina berkat pertolongan JK. JK pun mendukung Anies saat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. JK kerap mengkritik penanganan Covid-19 pemerintah pusat dan terlihat lebih condong mendukung kebijakan Gubernur DKI Jakarta.

Dikutip dari tempo.co, CEO Riset Saiful Mujani Research Center (SMRC) Djayadi Hanan mengatakan Jusuf Kalla alias JK dan Anies Baswedan masih memiliki peluang untuk maju di pemilihan presiden, syaratnya, mereka harus dapat menggaet dukungan partai.Tanpa itu, Djayadi berujar, langkah JK – Anies maju ke pilpres agak berat karena tidak punya partai. (Sitha/dbs).

 

 


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Komentar