BERANDA BERITA KESEHATAN KULINER UTAMA

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan kenyang, Bisa Picu Penyakit Mematikan!

   

Hajinews.id- Makan terlalu kenyang memang membuat badan terasa mengantuk. Namun langsung tidur setelah makan kenyang akan menyebabkan tekanan di dalam lambung meningkat, sehingga makanan dan cairan lambung dapat naik kembali ke kerongkongan.Jika sudah begini, asam lambung tidak dapat dihindarkan lagi.

Seperti dikutip dari Kompas.com, seorang Dokter Spesialis Penyakit dalam Konsultan Gastro Enterologi Hepatologi, Air Fahrial Syam mengatakan jika penyakit asam lambung tidak bisa dianggap sepele. Komplikasi penyakit serius akan terjadi ketika asam lambung tinggi atau yang biasa disebut dengan gastro esophageal reflux disesase (GERD).Yang harus diperhatikan sebagai gejala GERD adalah

  1. rasa nyeri dan panas di dada seperti terbakar.
  2. Mulut juga biasanya akan terasa pahit karena adanya asam yang naik.
  3. Secara normal, asam lambung berada di lambung. Ketika asam lambung tinggi, maka ia bisa naik ke atas atau ke tempat lain, seperti rongga hidung, kerongkongan, dan paru-paru yang kemudian menjadi asma atau sesak napas.
  4. Tidak hanya itu, asam lambung tinggi juga bisa menyebar hingga ke gigi serta tenggorokan, ini akan menyebabkan sinus dan pita suara menjadi serak.

Ketika asam lambung naik, itu dapat menyebabkan luka di dinding dalam kerongkongan.Jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang, maka daerah yang terluka akan menjadi luas dan kemudian menyebabkan penyempitan di kerongkongan bawah.

GERD ini bahkan bisa membuat perubahan struktur pada dinding dalam kerongkongan yang selanjutnya menjadi penyakit Barrett’s, yaitu lesi pra kanker.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab GERD adalah karena kebiasaan mengonsumsi keju dan cokelat, merokok, mengonsumsi alkohol, obesitas, dan kebiasaan langsung tidur sehabis makan.

Penyakit lambung memang bisa menjadi penyakit komplikasi yang serius, untuk itu kita harus mewaspadai gejalanya dan menghindari faktor penyebabnya! (Sitha/dbs).

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: