BERANDA BERITA KESEHATAN KULINER UTAMA

Bahaya! 5 Makanan yang Tak Boleh Dimakan saat Perut Kosong

   

Jakarta, hajinews.id — Jika lapar atau keroncongan, seseorang biasanya mengonsumsi makanan ringan. Namun, ada sejumlah makanan dan minuman yang lebih baik tidak dikonsumsi ketika lapar karena bisa memicu iritasi pada lambung hingga kerusakan organ hati.

Dikutip dari okezone.com, Dr. Rupali Datta, seorang ahli gizi klinik dari Fortis Hospital di India menyarankan beberapa makanan yang harus dihindari saat perut kosong atau saat bangun tidur. Ini bertujuan agar sistem pencernaan kembali berfungsi secara optimal setelah diistirahatkan selama berjam-jam.

1. Makanan Pedas

Makanan yang wajib Anda hindari saat adalah makanan yang pedas atau sangat berbumbu. Pasalnya, makanan pedas dapat mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan kram perut. Selain itu, rasa pedas dapat memicu gangguan pencernaan sehingga tidak cocok disantap saat perut kosong. Oleh karena itu, hindari makan rendang atau ayam cabai hijau yang pedas kalau Anda sudah lapar keroncongan.

2. Makanan atau minuman manis

Anda tidak disarankan untuk meminum segelas jus buah atau es jeruk saat perut kosong. Jus buah akan memforsir kerja pankreas yang masih beradaptasi dari kondisi saat tidur atau saat perut kosong. Kandungan gula pada makanan dan minuman manis juga akan membebani kerja hati. Apalagi kalau Anda mengonsumsi gula olahan seperti dalam minuman manis kemasan, es krim, atau permen.

3. Sayuran mentah

Sayuran mentah seperti dalam salad, karedok, atau trancam memang rasanya segar. Akan tetapi, menu makan dengan berbagai jenis sayuran mentah tidak cocok dikonsumsi saat perut kosong. Pasalnya, sayuran mengandung serat kasar yang justru memberikan beban ekstra pada sistem pencernaan saat perut kosong. Selain itu, sayuran mentah juga bisa membuat sakit perut dan kembung. Kalau Anda memang mau mengonsumsi sayur mentah, pastikan perut Anda tidak benar-benar kosong. Anda bisa melakukan “pemanasan” dengan ngemil kacang-kacangan atau yogurt kira-kira 2 jam sebelum makan.

4. Kopi

Kopi memang dapat membantu mengatasi rasa kantuk saat Anda dikejar deadline, tetapi kopi bukan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat perut kosong. Pasalnya, zat dalam kopi dapat merangsang sekresi asam klorida yang menyebabkan perut mulas dan berakhir pada gastritis (maag). Jadi, pastikan Anda sudah makan dulu sebelum minum kopi favorit Anda

5. Pisang

Pisang adalah satu menu yang bisa mengenyangkan perut sebagai ganti nasi. Pisang banyak mengandung nutrisi dan vitamin, termasuk vitamin C dan B6. Namun pisang juga mengandung magnesium yang bisa menaikkan tensi darah. Sehinnga pisang tidak baik dimakan saat perut sedang benar-benar kosong. Magnesium yang ada pada pisang dapat mengakibatkan gangguan pada hati. (Sitha/dbs)

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: