4 Rahasia Janji Allah Bagi Orang Puasa Senin Kamis yang Jarang Diketahui

4 Rahasia Janji Allah Bagi Orang Puasa Senin Kamis yang Jarang Diketahui
banner 500x500
Hajinews – Istilah Puasa Senin Kamis memang sangat populer karena banyak umat muslim yang menjalankannya.

Lantas apa manfaat dan juga rahasia bagi umat musim yang rajin menjalankan Puasa Senin Kamis?

Bacaan Lainnya

banner 400x400

Berikut ini, ada 4 Rahasia Janji Allah Bagi Orang Puasa Senin Kamis yang Jarang Diketahui, maka Simak juga Tata cara puasa senin kamis yang akan kami cantumkan diakhir artikel ini.

Adapun 4 Rahasia Janji Allah Bagi Orang Puasa Senin Kamis disebutkan dalam hadist Nabi Muhammad SAW dan juga kajian Ustad Adi Hidayat LC MA, Ustad Ustadz Khalid Basalamah, dan Ustadz dr Zaidul Akbar.

Oke, sebelum memasuki pembahasan secara mendalam tentang Empat Rahasia Janji Allah Bagi Orang Puasa Senin Kamis, maka simak hadist tentang anjuran Puasa termasuk Puasa Senin Kamis yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SWA.

Anjuran Puasa dari Nabi Muhammad SAW:

Anjuran Puasa Senin Kamis seperti dikatakan oleh Nabi Mumahhad SAW, berikut ini dalil-dalil Puasa seperti dilansir dari Fikih Puasa Lengkap, yang disampaikan oleh Aisyah RA mengatakan:

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

Artinya:

“Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR An Nasai Nomor 2362 dan Ibnu Majah Nomor 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan hadis ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan hadis ini sahih)

Selanjutnya apa rahasia Allah di balik anjuran Puasa termasuk Puasa Senin Kamis ada 4 rahasia dan manfaat yang didapatkan sebagai berikut?

1. Hari Senin Kamis Adalah Hari Dimana Amal Ibadah Diterima Allah SWT

Hari Senin dan Kamis bagi Rasullah SAW adalah hari istimewa, khususnya Senin adalah hari kelahiran Nabi.

Disebutkan oleh Rasulullah SAW jika pada hari Senin dan Kamis adalah hari di mana Allah SWT menerima amal ibadah dari Umatnya yang taat.

Sehingga jika melaksanakan Puasa Senin Kamis maka akan lebih afdal.

Kemudian Hadist Kedua tentang anjuaran Puasa Senin Kamis diriwayatkan oleh Usamah bin Zaid berkata:

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّكَ تَصُومُ حَتَّى لاَ تَكَادَ تُفْطِرُ وَتُفْطِرُ حَتَّى لاَ تَكَادَ أَنْ تَصُومَ إِلاَّ يَوْمَيْنِ إِنْ دَخَلاَ فِى صِيَامِكَ وَإِلاَّ صُمْتَهُمَا. قَالَ « أَىُّ يَوْمَيْنِ ». قُلْتُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ. قَالَ « ذَانِكَ يَوْمَانِ تُعْرَضُ فِيهِمَا الأَعْمَالُ عَلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Aku berkata kepada Rasulullah –Shallallahu alaihi wa sallam, ‘Wahai Rasulullah, Engkau terlihat berpuasa sampai-sampai dikira tidak ada waktu bagimu untuk tidak puasa. Engkau juga terlihat tidak puasa, sampai-sampai dikira Engkau tidak pernah puasa. Kecuali dua hari yang Engkau bertemu dengannya dan berpuasa ketika itu.” Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bertanya, ‘Apa dua hari tersebut?’ Usamah menjawab, ‘Senin dan Kamis.’ Lalu Beliau bersabda, ‘Dua hari tersebut adalah waktu dihadapkannya amalan pada Rabb semesta alam (pada Allah). Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa’.” (HR An Nasai Nomor 2360 dan Ahmad 5: 201. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan sanad hadis ini hasan)

Dijelaskan oleh Ustad Adi Hidayat Lc Ma bahwa Rasulullah Puasa Senin Kamis Adalah alasannya Meningkatkan amal solehnya,

Meningkatkan ketaqwaan dan pahala yang dilipatgandakan.

Kemudian memperolah ketenangan dan rohani, Allah pun telah menyiapkan balasan bagi orang yang berpuasa termasuk Puasa Senin Kamis.

2. Kesanggupan untuk menahan perbuatan maksiat.

Disebutkan dalam Al-Quran Surat Al Baqarah Ayat 183

يا أَيُّهَا الَّذينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيامُ كَما كُتِبَ عَلَى الَّذينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (183)

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Q.S. al-Baqarah/ 2: 183).

Orang yang puasa itu, umumnya punya kesanggupan, kekutan menahan maksiat, tidak orang puasa yang melakukan maksiat.

“Silahak cek apakah orang puasa itu mencuri, apakah orang puasa berbuat jahat. Bahkan saat dia sendirian pun, seperit di kantor apakah punya potensi untuk menyimpang atau tidak,” ujarnya.

Maka itu, Ustad Adi Hidayat mencontohkan seseorang yang ditantang saat menjelang buka puasa dicela dan dimarah, apakah membalas marah, tentu tidak.

“Temannya bilang, kenapa ngak dibalas, ntar saja habis magrib, dari pada puasa saya batal. Tetapi setelah magrib tidak dibalas, dia mengatakan sayang dari pada pahalanya hilang,” ujar Adi.

Selain itu, makin meningkat ketaqwaan, karena Puasa Senin dalam sunnah nabi itu memiliki dua makna, mengoreksi diri. Karena Senin itu hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, secara hakiki adalah kewajiban puasa, tetapi maknawi Puasa Senin Kamis adalah mengoreksi diri.

“Misalnya orang mengoreksi diri saat Puasa Senin Kamis, tentunya dia pun sudah sadar ketika sudah usia 50, bagaimana dia mengingat dosa-dosa yang sudah dilakukan dan berusaha untuk memperbaikinya,” jelasnya.

3. Dibukakan Pintu Surya Arrayan

Sementara itu, Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, rahasia bagi orang yang rajin menjalankan Puasa Senin Kamis, maka Pintu surga terbuka untuknya

Pintu surga dibuka pada hari Senin Kamis, diampuni dosanya, kecuali ada permusuhan saudara, tetapi ketika dia Puasa Senin Kamis, maka ada ampunan di mana ditunda, hingga dia berdamai dengan saudaranya itu, Artinya selalu ada ampunan bagi Umat yang Puasa Senin Kamis.

“Orang yang puasa Senin Kamis akan mendapatkan ampunan dan pintu surga dibukakan untuk mereka,” ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Berikut ini, manfaat Puasa Senin dan Kamis dan keutamaan pada hari tersebut yakni, dalam hadis Abu Hurairah berikut, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى

يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR Muslim Nomor 2565)

4. Diberikan Hikmah Kesehatan

Selanjutnya dikatakan Ustadz dr Zaidul Akbar, berdasarkan Al-Quran Surat Al Baqarah Ayat 183

Dari sana terlihat bahwa Puasa sudah dilakukan umat terdahulu.

Sejak zaman nabi Adam ada syariat puasa, dan berdasarkan kajian sejak zaman dulu ada sains bahwa tubuh itu dalam satu tahun butuh diistirahatkan, membuat tubuh lebih baik dan raganya jadi sehat. Ramadhan dan Puasa Senin Kamis bisa dijadikan bersih-bersih bagi tubuh untuk kesehatan.

“Secara teori, Habis makan kita memberikan tenaga kepada kita, maka sehabis makan kita bertenaga bukan malah lemas, kalau lemas yang dimakan keliru.”

“Bisa jadi terlalu banyak asupan kalori yang masuk, kita kelebihan bagi tubuh kita.”

Mengapa Puasa itu menyehat tubuh, maka secara medis, Sel di dalam tubuh kita itu, melakukan apoktosis, artinya semacam bunuh diri 11 hingga 14 hari, kemudian melakukan pergantian bunuh diri Sel sehingga tumbuh sel yang baru.

“Maka 11 hingga 14 dan ketemulah 12, dan 12 tadi di bagi dengan 365 ketemu berapa? jawabannya maka dalam setahun muslim wajib puasa sebanyak 3 bulan.

Memang melihat sisi kesehatan berdasasrkan penelitian, maka Puasa Senin Kamis memberikan mafaat sebagai berikut:

  1. Dapat Kurangi stres dan depresi
  2. Mengendalikan diri sendiri, dengan puasa tubuh akan memberikan perasaan sehat
  3. Memperbaiki kondisi medis organ tubuh, mengalami pembersihan dalam artian tak ada makanan yang dicerna dan menyehatkan.
  4. Berdasarkan peneitian orang puasa lebih sehat jantungnya.
  5. Mengatasi diabetes, pola makan yagn baik akan kontrol diabetes.
  6. Bisa Kurang resiko kanker dan menjaga berat badan.

Berikut Ini Tata Cara Pelaksanaan Puasa Senin Kamis, Niat, Lafazh dan Artinya bagi umat Muslim yang hendak melaksanakannya:

Ada pun niatan Puasa Senin Kamis sebagai berikut:

Bacaan Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

“Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,”

Bacaan Arab

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’aalaa

“Saya niat Puasa hari Kamis, sunnah karena Allah t’ala,”

Bacaan Sahur:

QS Al-Baqarah: 187

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ اْلأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ

Artinya:Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam (Al-Baqarah: 187)

Menahan Makan dan Minum serta Nafsu

“Kami makan sahur bersama Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam kemudian beliau shalat” Aku tanyakan (kata Anas), “Berapa lama jarak antara adzan dan sahur?” Zaid menjawab, “Kira-kira 50 ayat membaca Al-Qur’an” (HR. Al-Bukhori dan Muslim)

Kemudian Berbuka

Sumber : Sriwijaya

Facebook Comments
Bagaimana Reaksi Anda Tentang Berita ini ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar