BERANDA BERITA KESEHATAN KULINER UTAMA

Mau Ngopi Tapi Punya Asam Lambung?, Gini Cara yang Aman

   

Hajinews.id – Sebagian orang mungkin terbiasa minum kopi di pagi hari untuk menambah kesegaran sebelum beraktivitas. Namun sayangnya penderita asam lambung tidak bisa leluasa menikmati kopi hitam, karena kafein dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung. Nah cara amannya, tambahkan susu pada kopi. Adanya susu dapat menjadi “pelapis” di lambung dan menetralkan efek peningkatan asam lambung tersebut.

“Jadi jangan benar-benar kopi hitam langsung dikonsumsi pagi-pagi, walaupun ada beberapa pasien yang (melakukan itu dan) nyaman,” jelas akademisi dan praktisi kesehatan Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, dalam siaran Instagram Live di akun @dokterari yang dikutip dari acehtrend.co pada Minggu (22/11/2020).

Bila tetap ingin meminum kopi hitam di pagi hari, Prof Ari menyarankan kopi tersebut dikonsumsi sebagai teman makan. Misalnya, minum kopi hitam sambil menyantap singkong rebus, roti bakar, atau pisang goreng.

Makanan yang disantap saat minum kopi ini juga dapat menjadi “pelapis” di lambung. Dengan begitu, ketika asam lambung naik, asam lambung tersebut akan langsung bertugas untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.

“Bisa seperti itu pilihannya,” ujar Prof Ari.

Akan tetapi, Prof Ari tidak menyarankan konsumsi kopi atau minuman berkafein lain dengan tujuan untuk membantu tubuh tetap terjaga di saat seharusnya tubuh beristirahat. Misalnya, minum kopi pada pukul 21.00 atau 22.00 malam, ketika pekerjaan belum selesai sehingga harus tetap terjaga.Pasalnya yang dibutuhkan tubuh adalah istirahat, bukan dipaksa untuk bekerja. Terlebih, tidur yang cukup juga menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Prof Ari menyarankan orang dewasa untuk tidur berkualitas setidaknya enam jam per malam di masa pandemi Covid-19 ini. (Sitha/dbs).

 

 

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: