BERANDA DAKWAH

RAHASIA BERBUAT BAIK

RAHASIA BERBUAT BAIK
 

By. Prof.H.Abd.Rasyid Masri

“Dakwah Sipakainge “

Hidup di era modern, era pandemic saat ini serba salah, terkadang sulit kita membedakan mana perbuatan baik yang tulus dan mana perbuatan baik yang dibungkus kepentingan. Tapi apapun namanya dan motif seseorang berbuat baik, menolong dan membantu pada sesama adalah anjuran semua agama.

Berbuat baik itu adalah suatu pilihan, pepatah klasik bisa jadi motivasi ‘ jika kamu berbuat baik pada orang lain sesungguhnya kamu telah berbuat baik pada dirimu sendiri ‘ apa makna pesan di dalamnya.

Tak ada perbuatan baik yang sia -sia , kalau kita berbuat baik kepada seseorang lantas kita mengharap balasan dari orang tersebut, itu cara pikir yang salah, dan bersiaplah untuk kecewa.
Jangan mengharap kepada orang yang pernah kita bantu kelak juga akan membantu kita suatu saat, buang pikiran itu jauh jauh dan mulai saat ini “ teruslah berbuat baik kepada siapa saja, termasuk orang yang membencimu karena kalau kita di timpa kesulitan atau musibah kita tidak pernah tahu melalui siapa Allah SWT, menitipkan pertolongannya ‘ disinilah letak rahasia hikmah berbuat baik tak pilih kasih dan jangan pernah ada dendam kepada siapapun sebab bila dendam dibalas dengan dendam hasilnya sia sia ‘ serpihan sabda Rasulullah mengigatkan bahwa perbuatan yang sia sia itu bagaikan api yang membakar kayu, kemudian jadi abu tidak bernilai atau bagaikan debu diatas batu tertiup angin kemudian hilang tak berbekas.

Kalau kita menemukan seorang kawan yang hidupnya selalu galau, selalu cemas, sakit sakitan tak perlu ke dokter, suruh berbuat baik dan melakukan perbuatan baik, kalau ada teman yang hidupnya selalu berkeluh kesah maka cobalah anjurkan berbuat baik dan melakukan aktivitas kebaikan. Kalau ada saudara kita yang hidupnya gagal melulu, coba anjurkan perbanyak berbuat baik dengan suatu kebaikan yang bisa meringankan beban orang lain sehingga Allah akan mudahkan dan menyehatkan dirinya, sebab secara ilmiah orang yang rajin berbuat baik seperti ringan tangan membantu sesama , pergaulannya ramah , mudah senyum , maka tubuh manusia akan meningkatkan imun dan mood dalam dirinya .

Begitupun kalau kita menemukan orang yang tak pernah puas dalam hidupnya dan merasa miskin walau sudah berkecukupan, cobalah minta perbanyak berbuat baik menolong orang lain yang membutuhkan bantuan maka akan lahir rasa syukur pada dirinya, karena Allah swt sangat mencintai orang orang yang selalu berbuat kebaikan.

Maka teruslah berbuat baik dan jujur sebab berbuat baik dan jujur dapat mengantarkan seseorang ke surga .amiin .wasalam .

Facebook Comments

Tinggalkan Komentar

%d blogger menyukai ini: